Peresmian Tugu Elang Jawa Oleh Dirjen KSDAE di OWA Jurang Jero

Magelang, 20 Februari 2021 - Inisiasi pembangunan Tugu Elang adalah adanya kunjungan Presiden RI, Ir Joko Widodo, pada tanggal 14 Februari 2020  di OWA Jurang Jero.  Prediden mengintruksikan upaya pemulihan lingkungan baik di dalam maupun di luar kawasan yang ditandai dengan penanaman pohon bersama pelajar/pramuka dan masyarakat setempat di Jurang Jero.  Dalam kesempatan tresebut, Presiden juga melepasliarkan 2 ekor Elang Jawa (Nisaetus bartelsii) di kawasan Obyek Wisata Alam (OWA) Jurang Jero, Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM).

 

Pada saat persiapan kedatangan Presiden Jokowi,  BTNGM dibantu kelompok wisata (Pokwis) Taman Jurang Jero, Paguyuban Merapi Hijau, KTH Ngargomulyo, KTH Randu Ijo.  Pada hari H pelepasliaran Elang Jawa,  Pokwis menyampaikan keinginan mereka untuk memiliki kenangan atas kehadiran Presiden RI, karena sebelumnya Jurang Jero sudah punya Tugu Soeharto, maka mereka titip batang pinus untuk bisa ditandatangani Presiden.

Ide terus bergulir dan akhirnya direncanakan pembangunan tugu elang oleh pokwis Taman Jurang Jero dengan dana inkind dari  PKS antara BTNGM dengan Paguyuban Merapi Hijau (PMH). Tugu elang dibuat oleh seniman Kaliurang yaitu Juli dan Barokah yang sudah membangun paling tidak 3 patung  (patung udang, elang jawa dan monyet ekor panjang)di wilayah Kaliurang, Sleman).  Saat itu juga digagas ide untuk membangun taman pakis di sekitar tugu Elang Jawa. Pembangunan tugu Elang Jawa dimulai Oktober s.d Desember 2020 dilanjutkan  dengan pembangunan taman pakis dengan biaya sekitar Rp. 78.000.000.

 

Tugu Elang ini dibangun selain sebagai kenangan atas kunjungan Presiden RI di OWA Jurang Jero, kawasan TNGM,  juga sebagai pengingat bahwa Elang Jawa yg dilindungi UU ada di Kawasan TNGM dan harus terus dilestarikan.   Selanjutnya karena Tugu Elang dirancang dengan mempertimbangkan keindahan view Merapi  maka diharapkan dapat menjadi salah satu view andalan OWA Jurang Jero. 

Pada hari Sabtu, 20 Februari 2021, dilakukan Peresmian Tugu Elang di OWA Jurang Jero oleh Bapak Dirjen KSDAE KLHK, sebagai momentum perkembangan obyek wisata alam yg dikelola berbasis masyarakat di Taman Nasional Gunung Mrerapi.   Peresmian Tugu Elang sendiri didahului dengan penanaman jenis Pulai (Alstonia scolaris) oleh Dirjen KDSAE, Ir Wiratno, M.Sc, Setdijen KSDAE, Ir Tandya Tjahjana, M.Si, dan Kepala Balai TNGM, Ir Pujiati.

 

Sumber: Balai TN Gunung Merapi

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini