Ranger Bogani Belajar Bersama GIS Dasar

Sabtu, 20 Februari 2021

Kotamobagu, 19 Februari 2021. Guna pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) dan peningkatan kapasitas Ranger Bogani, Balai Taman Nasional Bogani Nani Wartabone (BTNBNW) bekerjasama dengan Wildlife Conservation Society(WCS) mengadakan kegiatan belajar bersama Geographic Information System(GIS) Dasar. Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 18-19 Februari 2021 ini diikuti ASN (Aparatur Sipil Negara), Tenaga Kontrak, MMP (Masyarakat Mitra Polhut), dan PIMP (Perempuan Inspiratif Mitra Polhut), baik dari staf Tata Usaha (TU), Seksi Wilayah, maupun Resort lingkup BTNBNW dengan menghadirkan pemateri yang berasal dari kalangan Ranger Bogani sendiri yang mempunyai kemampuan yang mumpuni di bidang GIS, yaitu ST. Agung Triono Hermawan, S.Si, M.Sc,ir (Kepala SPTN Wilayah 2 Doloduo), Roni Mokoginta (Polhut) dan Hendra Dwi Purnama, S.Si (PEH). Kegiatan ini berawal dari inisiatif mandiri Ranger Bogani yang bertugas di lapangan dan mempunyai keinginan kuat untuk meningkatkan kemampuan di bidang GIS.

“Saya dan segenap pimpinan Balai TNBNW sangat mengapresiasi atas inisiattif dan motivasi dari seluruh Ranger Bogani. Menjadi Ranger Bogani harus selalu siap memperbaharui dan meningkatkan kapasitas dan kemampuan diri dalam upaya mendukung tugas” ungkap Kepala Balai BTNBNW, drh. Supriyanto dalam pembukaan kegiatan belajar bersama GIS Dasar.

Materi-materi seperti Kartografi Dasar, Pengenalan Peta, Pengenalan Aplikasi GIS, Georeferencing, Input data koordinat pada Peta, Digitasi Peta, Ekstraksi Data Ketinggian dari GPS Visualizer, Pembuatan Data Kontur, Pembuatan dan Pengolahan Digital Elevation Model (DEM), Membuat Peta dan Layout Peta telah disampaikan pada kegiatan ini, baik secara teori maupun prkatek.

Peserta sangat antusias belajar dari tahap ke tahap sehingga mampu mengolah maupun menghasilkan peta. Berdasarkan hasil pretest dan  yang dilberikan kepada peserta diketahui bahwa 90% kemampuan dan pengetahuan peserta tentang GIS dasar meningkat. Ramanda Lela, salah satu  MMP yang menjadi peserta kegiatan ini menyampaikan “sangat beruntung dan bersyukur bisa belajar bersama tentang GIS yang selama ini masih buta. Kami berharap aka nada kesempatan lain untuk bisa mempelajari GIS lebih lanjut.”

Peningkatan kapasitas Ranger Bogani dibidang GIS merupakan hal yang penting dalam mendukung pelaksanaan pengelolaan kawasan berbasis tapak di BTNBNW. Oleh karena itu, BTNBNW berkomitmen untuk terus berupaya mewujudkan learning organization dalam pengembangan SDM untuk pengelolaan kawasan yang lebih baik ke depannya.

Sumber : Balai Taman Nasional Bogani Nani Wartabone

Call Center : 0852-4019-1852

E-mail: btnbnw@yahoo.co.id

 

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini