Wisata Alam Tayawi yang Memikat Wisatawan Domestik dan Wisatawan Mancanegara.

Sebagaimana diketahui,bahwa Wisata Alam Tayawi yang berlokasi di Desa Koli Kecamatan Oba Kota Tidore Kepulauan ini semakin diminati oleh para wisatawan baik dalam negeri maupun luar negeri karena Wisata Alam Tayawi memiliki destinasi yang sangat sensasional dari burung bidadari yang unik, air terjun yang tak pernah surut walau musim kemarau, bendungan irigasi maupun suku Tagutil atau suku Tobelo dalam dan lainnya.

Bagi yang berkunjung tidak semata berlibur dan untuk hiburan saja melainkan banyak yang memanfaatkan keindahan dan potensi sumberdaya alam yang ada sebagai wisata pendidikan dan penelitian. Bahkan pada tanggal 15 juli 2017 nanti Wisata Alam Tayawi akan dikunjungi oleh Presiden Direktur Daihatsu dari Jepang beserta rombongan berserta Direktur Daihatsu indonesia dan akan diliput oleh delapan media elektronik dan media cetak nasional pada kegiatan Tour Series Seven Wonder 2017. Dalam kegiatan itu juga Presiden Direktur Daihatsu bersama Balai Taman Nasional Aketajawe Lolobata akan menyerahkan bantuan peralatan sekolah untuk anak - anak masyarakat suku Tagutil dan anak sekolah di desa yang berbatasan dengan hutan penyangga kawasan Taman Nasional.

"Balai Taman Nasional Aketajawe Lolobata fokus menyediakan sarana dan prasarana untuk mendukung percepatan kemajuan Wisata Alam Tayawi selain bermanfaat untuk masyarakat suku Tagutil/Tobelo Dalam serta akan memberi kemudahan dan  kenyamanan bagi pengunjung" ungkap Raduan, SH selaku Kepala Seksi Blok Aketajawe SPTN I Weda pada saat mengajari Melianus (warga suku Tagutil yang berkemampuan penguasaan kamera dan GPS serta sebagai pemandu Wisata Alam Tayawi) saat memasang panel surya yang di dampingi tenaga teknis listrik tenaga surya dari Desa Durian, Sofifi.

"Alhamdullillah, beberapa bulan kemarin kita buat bendungan irigasi embung dan air yang tersalur ke pemukiman masyarakat suku Tagutil yang sudah dirasakan manfaatnya begitu juga dengan pengunjung, saat ini kita upayakan penerangan walaupun masih disekitar resort. Bahkan kita percepat fasilitas lainnya untuk kenyamanan pengunjung dan warga disini, lebih - lebih untuk kegiatan perkemahan konservasi sebagai media pendidikan. Di tahun ini juga kalau tak ada halangan kita akan bangun jembatan penyeberangan menuju spot burung bidadari, agar pengunjung mendapat kemudahan saat sungai Tayawi lagi banjir" ungkap Raduan, SH disela - sela kesibukan kerja memasang instalasi tenaga surya.

Sumber Info : M. Sofyan Ansyar - Balai TN Aketajawe Lolobata, Jamal Adam - Ketua MMP Tayawi 

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini