Kolam Garam Desa Latondu TN Taka Bonerate

Desa Latondu, 19 November 2020. Ikan asin merupakan salah satu produk olahan ikan yang menjadi kebutuhan utama bagi masyarakat yang tinggal di pulau-pulau kecil untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka. Bahan baku utama pembuatan ikan asin adalah garam.

Ketersediaan bahan baku garam dalam proses pengolahan ikan asin menjadi salah satu kendala yang dihadapi oleh masyarakat. Bahkan ketersediaan garam di beberapa desa harus didatangkan dari daerah lain dengan harga yang relative tinggi.

Desa Latondu merupakan salah satu desa dalam kawasan Taman Nasional Taka Bonerate yang memiliki ketergantungan cukup tinggi terhadap garam dalam proses pengolahan ikan asin. Mayarakat Desa Latondu harus membeli garam tersebut dari daerah lain, seperti Nusa Tenggara Barat dan Flores.

Namun sejak tahun 2018, Balai Taman Nasional Taka Bonerate melalui Role Model PAAP berbasis masyarakat lokal, memberikan beberapa pelatihan dan fasilitas kepada kelompok Forum Peduli Laut Desa Rajuni- Latondu untuk dapat memproduksi dan memenuhi kebutuhan garam di tingkat lokal (desa).

Kemudian pada tahun 2020, kelompok Forum Peduli Laut Rajuni-Latondu mendapatkan bantuan pengembangan usaha ekonomi dari Balai Taman Nasional Taka Bonerate. Bantuan tersebut digunakan untuk membangun kolam garam rumah prisma dengan konstruksi bangunan yang lebih baik.

Yuk mari kita simak videonya, bagaimana sejarah singkat proses pembuatan kolam garam dengan model rumah prisma sampai dengan panen garam…

Sumber : Balai Taman Nasional Taka Bonerate

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini