PESAN KHUSUS MENTERI LHK PADA HARI RAYA IDUL FITRI 1438 H

Minggu, 25 Juni 2017

SIARAN PERS

Nomor : SP.  130 /HUMAS/PP/HMS.3/06/2017

 PESAN KHUSUS MENTERI LHK PADA HARI RAYA IDUL FITRI 1438 H

Jakarta, Biro Humas Kementerian LHK, Sabtu, 24 Juni 2017. Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya Bakar, menyampaikan pesan menyambut Hari Raya Idul Fitri 1438 H. Ia mengajak pemudik yang merayakan lebaran di kampung halaman, untuk ikut menyampaikan pesan kepedulian menjaga hutan dan lingkungan.

"Hari kemenangan bagi umat Islam yang melaksanakan ibadah puasa, telah tiba. Mari lengkapi nilai ibadah dengan menyampaikan pesan peduli hutan dan lingkungan, pada siapa saja untuk masa depan kita," kata Menteri Siti, Sabtu (24/6/2017).

Menanam dan menjaga pohon adalah upaya nyata yang bisa dilakukan siapa saja, sebagai bentuk kepedulian pada bumi, terutama dalam mengatasi dampak perubahan iklim yang kian nyata.

"Minimal tanamlah dan jaga 25 pohon sepanjang hidup, untuk kelestarian alam. Insya Allah akan menjadi penambah nilai ibadah dan bermanfaat bagi anak cucu kita nanti," pesannya.

Ia juga menghimbau agar masyarakat saat berangkat dan pulang mudik, tetap menjaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya. Jikapun tidak menemukan tempat sampah di area yang dilewati, pemudik dihimbau untuk menyimpan dulu sampah mereka sebelum membuang pada tempat sampah terdekat.

"Kebersihan sebagian dari iman. Sempurnakan kebahagiaan berhari raya dengan menjaga kebersihan di sepanjang perjalanan,'' imbaunya.

Sampah-sampah yang sering dibuang di sepanjang jalur mudik, tidak hanya mengganggu pemandangan, namun juga berdampak buruk bagi lingkungan. Karena sebagian besar terdiri dari sampah plastik yang sulit terurai.

"Lakukan tindakan sekecil apapun untuk menyelamatkan lingkungan kita. Mulailah dari diri sendiri, keluarga dan orang-orang terdekat," katanya.

Disampaikannya juga bahwa jajaran Kementerian LHK tetap diinstruksikan waspada, dalam mengatasi dampak musim kemarau yang bisa memicu kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Tim di lapangan kata Menteri Siti, tidak mengenal hari libur untuk menjaga langit Indonesia tetap biru tanpa kabut asap.

Sebagai penutup, Menteri Siti pun menyampaikan pesan khusus untuk semua masyarakat Indonesia yang sedang merayakan Hari Raya Idul Fitri. "Titip salam saya untuk seluruh keluarga. Taqobbalallahu minna wa minkum. Minal aidin wal faizin. Mohon maaf lahir dan batin 1438 H," ujarnya.(*)

 

Penanggung jawab berita:

Kepala Biro Humas Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan,

Djati Witjaksono Hadi – 081375633330

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini