Edelweis Kelimutu

Kamis, 10 September 2020

Kamis, 10 September 2020 - Mungkin tidak banyak sobat yang menyadari kalau di wilayah pegunungan TN Kelimutu juga tumbuh bunga Edelweis. Edelweis yang tumbuh di Kelimutu adalah jenis Anaphalis longifolia yang merupakan perdu kecil dengan tinggi berkisar 70 cm, tumbuh di daerah terbuka seputaran kawasan pegunungan di Jawa sampai Nusa Tenggara. Bunga cantik ini biasa dilambangkan sebagai simbol cinta abadi (deep love and devotion). Tumbuhan yang dilindungi ini saat ini sedang dikembangkan sebagai plasma nutfah dan dibudidayakan di desa penyangga oleh Balai TN Kelimutu.

  

Pengembangan Edelweis di Kelimutu mulai dilakukan sejak tahun 2018 dengan melakukan studi banding ke TN Bromo Tengger Semeru (TNBTS), dilanjutkan dengan pelatihan budidaya Eldeweis di Ende oleh petugas TNBTS kepada petugas Balai TN Kelimutu. Setelah itu dilakukan ujicoba dan terus berkembang hingga sekarang telah membuat beberapa produk dan telah dialih ajarkan kepada masyarakat sekitar TN Kelimutu.

Pada tahun 2020 ini Balai TN Kelimutu melakukan pembibitan dan pembangunan kebun demplot Edelweis seluas 0,22 Ha bersama kelompok masyarakat Tuke Du, Desa Pemo yang merupakan salah satu desa binaan terkait pengembangan souvenir dan kuliner di areal wisata TN Kelimutu. Lokasi kebun Eldeweis berada di lintasan jalan wisata ke Danau Kelimutu dari gerbang loket Kelimutu. Saat ini kebun Edelweis telah mulai ditata sebagai alternatif objek wisata di TN Kelimutu, berfoto ria disini dengan latar Gunung Kelibara akan memberikan kesan taman surga pegunungan untukmu.

  

Saat ini TN Kelimutu terus mengembangkan produk Edelweis hasil budidaya ini menjadi produk-produk souvenir untuk peningkatan ekonomi masyarakat sekitar. Beberapa produk yang mulai dibuat berupa buket, gantungan kunci, bingkai, dll.

Diharapkan produk-produk Edelweis ini terus berkembang termasuk juga kegiatan budidayanya sehingga memberikan kelestarian manfaat bagi masyarakat dan ekosistem serta meningkatkan daya tarik wisata di TN Kelimutu.

 

 

Sumber: Balai TN Kalimutu

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini