Upaya Percepatan Penyusunan Blok Tahura Bukit Mengkol

Kamis, 15 Juni 2017

Pangkal Pinang, 14 Juni 2017, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bangka Tengah, Ir. Ali Imron  menyampaikan dalam paparan umum TAHURA Bukit Mangkol pada acara Bimbingan Teknis Penataan Kawasan Konservasi tanggal 14 Juni 2017 di ruangan rapat BPKH Wilayah XIII Pangkal Pinang bahwa Hutan Konservasi Gunung Mangkol akhirnya ditetapkan menjadi Taman Hutan Raya Depati Amir pada 27 Juli 2016 melalui Keputusan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan SK.575/Menlhk/Setjen/PLA.2/7/2016 tentang Penetapan Fungsi dalam Fungsi Pokok Kawasan Suaka Alam dan Kawasan Pelestarian Alam sebagai Kawasan Taman Hutan Raya Bukit Mangkol, di Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung seluas 6.009,51 Ha. Sejarah kawasan hutan di Bangka Belitung sendiri berawal dari Register tanah kehutanan Nomor 21. TAHURA Bukit Mangkol awalnya merupakan kawasan hutan lindung. Landskap TAHURA Bukit Mangkol terdiri dari Bukit Gadung, Bukit Pauh, Bukit Panas dan bukit Mangkol dengan jumlah pal batas sekitar 340 buah. Visi TAHURA Bukit Mangkol yang diharapkan di masa mendatang adalah sebagai kawasan ekoturisme. Untuk itu TAHURA Bukit Mangkol telah dibuatkan detil engineering design-nya. Kawasan TAHURA  Bukit Mangkol juga merupakan sumber air bagi PDAM setempat.

Kegiatan Bimbingan Teknis ini mengundang Direktorat Pemolaan dan informasi Konservasi Alam sebagai narasumber  dan fasilitator untuk memberikan materi teknis terkait penataan blok pengelolaan sekaligus mendampingi dalam penyusunan rancangan dan dokumen blok pengelolaanya. Maksud dari kegiatan bimbing teknis ini adalah melakukan bimbingan teknis penataan blok pengelolaan dan berbagi informasi mengenai pedoman penataan blok pengelolaan dan kondisi lapangan dan peninjauan lokasi. Sedangkan tujuan kegiatan ini yaitu tersampaikannya pedoman penataan blok menurut peraturan yang berlaku dan tergalinya fakta-fakta sesuai kondisi tapak TAHURA Bukit Mangkol yang sebagai bahan dalam menyusun dokumen blok untuk mendukung pencapaian IKK terkait terkait Penataan Blok/Zona.

Dari hasil kegiatan ini telah tersusun draft nol dokumen blok TAHURA Bukit Mangkol, dan selanjutnya proses yang akan dilaksanakan konsultasi publik dengan pihak terkait.  Diharapkan dengan kegiatan bimbingan teknis ini dapat mempecepat proses penataan kawasan TAHURA Bukit  Mangkol.

Sumber: Direktorat PIKA

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini