Pemantauan Perkembangan Gajah Hasil Evakuasi

Selasa, 04 Agustus 2020

Pekanbaru, 29 Juli 2020 - Mahout dari PLG Sebanga, PLG Minas, drh. Danang dan Paramedis bang Aswar berada di Pusat Latihan Gajah Sebanga, Kabupaten Bengkalis untuk memantau perkembangan Gajah hasil evakuasi dari Kecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan, Kabupaten Rokan Hilir.

Tim medis melakukan pengukuran tinggi badan dan lingkar dada sebagai estimasi berat badan. Hasil pengukuran terhadap tinggi badan yaitu 328 cm sementara Lingkar Dada lebih kurang 402 cm sehingga estimasi berat badan gajah tersebut 3,7 ton. Berdasarkan hasil pemantauan tim medis, saat ini kondisi satwa terpantau baik.

  

Gajah hasil evakuasi tersebut dilakukan pelatihan di Pusat Latihan Gajah Sebanga. Bentuk latihan terhadap gajah liar melalui proses pelatihan awal, yaitu dengan mulai dipegang bagian yang sensitif agar terbiasa dipegang oleh tangan manusia dan tidak geli, sehingga akan memudahkan dalam proses pelatihan. Proses pelatihan awal tersebut dengan tetap menggunakan pendampingan Gajah jinak sebagai salah satu pengamanan terhadap personil/Mahout.

 

Sumber: Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini