Road to HKAN 2020 Pelepasliaran Burung di SM Kuala Lupak

Senin, 03 Agustus 2020

Barito Kuala, 30 Juli 2020 – Masih dalam rangkaian peringatan Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) Tahun 2020 yang mengambil  tema ”Nagara Rimba Nusa: Merawat Peradaban Menjaga Alam“ pada hari Rabu 29 Juli 2020 Balai Konservasi Sumber Daya Alam Kalimantan Selatan kembali melepasliarkan empat ekor satwa jenis burung yaitu dua ekor burung Elang Bondol (Haliastur indus), satu ekor Elang Tikus  (Elanus caeruleus) dan satu ekor Alap-Alap Besar (Accipiter virgatus) di kawasan konservasi Suaka Margasatwa (SM) Kuala Lupak tepatnya di Sungai Bahaur, Desa Sungai Telan Besar Kecamatan Tabunganen Kabupaten Barito Kuala. Pelepasliaran dilaksanakan oleh Barkati selaku Kepala Resort SM. Kuala Lupak dan anggota tim dengan menempuh perjalanan melalui jalur darat dari kandang transit BKSDA Kalimantan Selatan di Banjarbaru ke dermaga desa Aluh-Aluh Kabupaten Banjar dengan jarak tempuh ±1,5 jam kemudian  dilanjutkan perjalanan air menyusuri sungai menggunakan kelotok dengan jarak tempuh ±2 jam.

Kepala Balai KSDA Kalimantan Selatan Dr. Ir. Mahrus Aryadi, M.Sc menjelaskan pelepasliaran burung ini merupakan rangkaian peringatan HKAN 2020 yang bertujuan untuk mengampanyekan pentingnya konservasi alam bagi kesejahteraan masyarakat, mengedukasi dan mengajak masyarakat untuk berperan aktif dalam menyelamatkan ekosistem alam. Satwa yang dilepasliarkan tersebut merupakan hasil dari kegiatan penegakan hukum Ditreskrimsus Polda Kalsel. Sebelumnya satwa tersebut telah menjalani proses rehabilitasi di kandang transit BKSDA Kalimantan Selatan.

Dr. Mahrus berharap agar kegiatan pelepasliaran satwa ini dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk tidak memiliki dan memelihara satwa-satwa yang dilindungi secara ilegal dan biarkan mereka hidup di alam bebas. Dipilihnya kawasan konservasi Suaka Margasatwa Kuala Lupak sebagai tempat atau lokasi pelepasliaran karena merupakan lokasi habitat yang cocok dan sekaligus sebagai pengayaan genetik.

 

Sumber: Balai KSDA Kalimantan Selatan

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini