Aksi Damai di Global Tiger Day 2020, Sumatera Utara

Semangat kebersamaan mengkampanyekan penyelamatan Harimau Sumatera

Medan, 29 Juli 2020 - Kolaborasi apik ditunjukkan beberapa institusi dan lembaga peduli terhadap penyelamatan satwa liar, khususnya Harimau Sumatera, yang ada di Sumatera Utara, pada peringatan Hari Harimau Sedunia (Global Tiger Day) 2020, Rabu, 29 Juli 2020.

Semangat kebersamaan sudah terlihat pada saat seluruh tim yang terlibat berkumpul di halaman kantor Balai Besar KSDA Sumatera Utara sebelum dilepas oleh Kepala Balai Besar KSDA Sumatera Utara.

Teriakan keras dan nyaring dari Kepala Balai Besar KSDA Sumatera Utara, Dr. Ir. Hotmauli Sianturi, M.Sc.For., “Mari Selamatkan Harimau Sumatera Warisan Dunia ...!!!”, membakar semangat seluruh peserta aksi damai.

Kepala Bidang Teknis Balai Besar KSDA Sumatera Utara, Ir. Irzal Azhar, M.Si. dalam arahannya menyampaikan, bahwa keberadaan Harimau Sumatera semakin hari semakin terancam, dan oleh karena itu melalui peringatan International Tiger Day 2020 ini mengajak seluruh peserta aksi damai, termasuk seluruh masyarakat untuk terus ikut berperan dalam menyelamatkannya dari kepunahan.

Seperti diketahui, bahwa sejarah dicetuskannya International Tiger Day bertepatan dengan dilaksanakannya International Tiger Summit atau Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Harimau Internasional yang pertama, pada tahun 2010, di St. Petersburg, Rusia, dan diputuskan dalam konferensi yang diikuti oleh 13 negara termasuk didalamnya Indonesia, bahwa tanggal 29 Juli sebagai International Tiger Day.

Aksi damai yang diikuti oleh Balai Besar KSDA Sumatera Utara, Balai Besar TN. Gunung Leuser, Proyek Sumatran Tiger GEF-UNDP, komunitas Tiger Heart, pemerhati Harimau Sumatera, relawan dan mahasiswa Fakultas Kehutanan USU, berlangsung dari pukul 10.00 Wib sampai dengan pukul 12.00 Wib, di persimpangan jalan Sisingamangaraja dan jalan Alfalah.

                                                                                                           

Peserta aksi damai sedang membagukan poster dan sticker kepada para pengendara kendaraan bermotor

Peserta aksi dengan senyum ramah, menyapa para pengendara kendaraan bermotor dan membagikan poster serta sticker yang berisi pesan-pesan penyelamatan Harimau Sumatera.

 

Sumber: Inggrid R Tarihoran, S.Hut., (Penyuluh Kehutanan Pertama)

Balai Besar KSDA Sumatera Utara

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini