Patroli Terpadu di Cagar Alam Pararawen I dan II Bersama Masyarakat Mitra Polhut

Selasa, 28 Juli 2020

Muara Teweh, 28 Juli 2020. Ditengah wabah corona ini ancaman dan gangguan  terhadap kelestarian kawasan konservasi  terutama illegal logging dikhawatirkan akan meningkat. Oleh karena itu dilaksanakannya program perlindungan dan pengamanan salah satunya adalah melalui patroli terpadu yang melibatkan kolaborasi Polisi Kehutanan (Polhut) dengan masyarakat mitra polhut (MMP).

Banyak potensi yang dijumpai selama patroli berlangsung, salah satunya ialah pohon dengan diameter hingga 1 meter yang berbuah sepanjang tahun. Selain itu, potensi air terjun yang hingga kini kondisinya masih terjaga alami. Dalam patroli terpadu ini juga dilakukan pemasangan papan larangan menebang pohon serta himbauan menjaga kelestarian kawasan dan larangan berwisata di cagar alam pararawen.

Mitra Polhut (MMP) adalah sekelompok masyarakat sekitar hutan setempat yang membantu Polhut dalam pelaksanaan perlindungan hutan. MMP Cagar Alam Pararawen I dan II berjumlah 10 orang, di bentuk sebagai perwakilan dari masyarakat desa sekitar kawasan konservasi  untuk  menjadi  mitra  bekerja  bersama  yang  fungsinya  ikut  serta dalam  kegiatan  yang  dilaksanakan  oleh  BKSDA Kalimantan Tengah seperti  kegiatan  patroli  pengamanan hutan, pengumpulan data potensi flora dan fauna serta sosialisasi dan penyuluhan.

Sumber : Bintang Suriodi - Balai KSDA Kalteng Seksi Konservasi Wilayah III 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini