Patroli Pengamanan Kawasan TN Komodo kala Pandemi Covid-19

Jumat, 03 April 2020

Labuan Bajo, 2 April 2020 - Walaupun semua aktivitas wisata alam di TN Komodo telah ditutup sejak tanggal 22 Maret yang lalu untuk mencegah penyebaran Covid-19, namun kegiatan pengelolaan taman nasional seperti patroli pengamanan kawasan, tetap berjalan seperti biasa. Dalam setiap harinya, selalu ada tim yang melakukan patroli pengamanan kawasan, baik patroli di wilayah seksi maupun patroli di seluruh kawasan.

Kegiatan patroli di wilayah seksi biasanya dilakukan oleh para ranger bersama Masyarakat Mitra Polhut, sedangkan patroli di seluruh kawasan dilakukan dengan melibatkan Polres Manggarai Barat, anggota Subden B Pelopor Satbrimob Polda NTT, Polairud Labuan Bajo ataupun Gakkum Seksi Wilayah III.

Tanggal 24-28 Maret yang lalu misalnya, Balai TN Komodo bersama Polairud Labuan Bajo melakukan patroli pengamanan di lokasi rawan gangguan, yang kemudian dilanjutkan dengan patroli  floating ranger station mulai tanggal 29 Maret. Di waktu yang sama, para ranger di pos jaga Gililawa Darat dan Kampung Komodo juga melakukan patroli di wilayah seksi.

Julizar Ridwan, Kepala Satuan Polhut Balai TN Komodo saat dimintai keterangan terkait pengamanan kawasan selama pandemi Covid-19 mengungkapkan bahwa Balai TN Komodo akan tetap melakukan pengamanan kawasan namun dengan menerapkan protokol kesehatan.

“Semua anggota tim kita berikan masker dan hand sanitizer. Selain itu kita juga menyiapkan makanan dan  minuman penambah daya tahan tubuh”. Lebih lanjut Ridwan juga mengungkapkan bahwa tim patroli juga diwajibkan untuk menjaga jarak yang aman saat berinteraksi dengan masyarakat saat patroli. “Jika tim melakukan interaksi dengan masyarakat, nelayan misalnya, harus menjaga jarak yang aman, setidaknya dua meter” ucap Ridwan.

Dimasa pendemi Covid-19 ini, kawasan TN Komodo sangat sepi dari pengguna kawasan. Tim patroli hanya menemukan kapal-kapal nelayan yang mengambil hasil laut, sedangkan kapal wisata hanya ditemukan satu unit, yang sedang melintasi TN Komodo menuju Maumere di Pulau Flores. Namun, keadaan ini setidaknya dapat memberikan nilai yang positif bagi kawasan, yakni dapat meningkatkan kualitas lingkungan kawasan Taman Nasional Komodo, rumah satwa komodo kita.

 

Sumber: Balai TN Komodo

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini