Pemulihan Ekosistem IPPKH Rehab DAS di SM. Kuala Lupak

Selasa, 18 Februari 2020

Banjarbaru, 17 Februari 2020 – Bertempat di ruang rapat  Balai Konservasi Sumber Daya Alam Kalimantan Selatan, pada hari Senin tanggal 17 Februari 2020 telah dilaksanakan rapat persiapan penanaman dalam rangka Pemulihan Ekosistem di Suaka Margasatwa Kuala Lupak Kecamatan Tabunganen Kabupaten Barito Kuala melalui kegiatan rehab DAS IPPKH oleh PT. Adaro Indonesia.

Rapat dipimpin langsung oleh Kepala BKSDA Kalimantan Selatan Dr. Ir. Mahrus Aryadi, M.Sc didampingi Kepala SKW II Banjarbaru M. Ridwan Effendi S.Hut.,M.Si dan dihadiri dari tim Adaro Indonesia antara lain Bapak Agus, Bapak Ade, Bapak Sahat, Bapak Yuri dan Bapak Hilmi. Dalam arahannya Dr. Mahrus menjelaskan bahwa pemulihan ekosistem di Suaka Margasatwa Kuala Lupak bukan hanya permasalahan teknis berupa penanaman tetapi ada persoalan sosial yaitu bagaimana melakukan upaya  penanganan konflik tenurial keterlanjutan tambak yang sudah berlangsung selama puluhan tahun. Untuk itu dalam pelaksanaannya nanti agar pihak Adaro Indonesia melibatkan masyarakat petambak yang sudak terbentuk dalam kelompok kemitraan konservasi dan telah menandatangani perjanjian kerjasama dengan Kepala Balai KSDA Kalimantan Selatan.

Adapun ruang lingkup yang tertuang dalam perjanjian kerjasama yaitu:

  1. Pemulihan ekosistem di areal kerjasama
  2. Pengamanan areal pemulihan ekosistem dan membantu perlindungan satwa liar
  3. Pengembangan kapasitas masyarakat

Dalam paparan tim Adaro Indonesia yang diwakili Suwani selaku Rehabilitation Division Head memastikan bahwa keberhasilan kegiatan penanaman dalam rangka rehabilitasi DAS di SM. Kuala Lupak akan dilaksanakan melalui  kemitraan dengan masyarakat setempat yaitu dengan Kelompok Mitra Konservasi “ Suka Maju ” Desa Kuala Lupak dan Kelompok Mitra Konservasi ‘ Mandiri Bersama “ Desa Sungai telan Besar Kecamatan Tabunganen Kabupeten Barito Kuala. Kegiatan Rehabilitasi DAS di Suaka Margasatwa Kuala Lupak akan dilaksanakan melalui 3 tahapan yaitu :

  • Pra Operasional
  1. Penyiapan bibit tanaman
  2. Penyiapan jenis tanaman
  3. Penyiapan lahan
  • Operasional
  1. Penanaman
  2. Pemupukan
  3. Pemeliharaan
  4. Pengadaan sarana & Prasarana
  5. Perlindungan
  6. Pengamanan Hutan
  • Pasca Operasional
  1. Serah terima hasil kegiatan

2WhatsApp Image 2020-02-18 at 11.48.15

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini