2 Individu Orangutan Direscue dari Kabupaten Pulang Pisau

Pulang Pisau, 8 Januari 2020 - Wildlife Rescue Unit SKW I BKSDA Kalteng.Raya bersama  BOSF Nyaru Menteng berhasil melakukan rescue terhadap 2  individu Orangutan yang merupakan Induk dan anak di Desa Sebangau Mulya, Kecamatan Paduran Sebangau, Kabupaten Pulang Pisau.

Rescue diawali oleh laporan Kepala Desa Sebangau Mulya ke Call Centre BKSDA Kalteng, yang menyampaikan bahwa ada orangutan liar yang sudah seminggu lamanya merusak kebun sawit dan karet milik warga desa. Kondisi hutan disekitarnya termasuk kebun karet milik warga sebagian besar terbakar pada musim kemarau 2019.

Setelah sampai dilokasi, WRU SKW I bersama BOSF Nyaru Menteng langsung melakukan rescue pada 2 individu orangutan tersebut. Berdasarkan hasil pemeriksaan, induk orangutan diperkirakan berumur umur 15 tahun dan anaknya berkelamin jantan berumur  6 tahun, dan dalam kondisi sehat.

 

Setelah dinyatakan layak, kedua individu orangutan tesebut langsung ditranslokasi dihutan terdekat yang berbatasan langsung dengan Taman Nasional Sebangau, yang menurut keterangan Sekdes Sebangau Mulya, hutan tersebut tidak ada pemukiman, kebun dan aktivitas penduduk.

 

Sumber: Balai KSDA Kalimantan Tengah

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini