Sosialisasi dan Penyuluhan Kehutanan di Desa Penyangga TN Baluran

Kamis, 23 Januari 2020

Situbondo, 22 Januari 2020 - Dalam rangka menjalin silaturahmi antara petugas dan masyarakat serta instansi terkait, Balai Taman Nasional Baluran pada hari Rabu, melakukan sosialisasi dan penyuluhan kehutanan di Dusun Belangguan, Desa Sumberwaru, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo.

Kegiatan yang dilaksanakan di Musholla Dusun Belangguan ini dihadiri oleh KSBTU TN Baluran, Kepala SPTN Wilayah I Bekol, Kepala Desa Sumberwaru, KRPH Sumberejo, Kepala RPTN Bitakol, Penyuluh Kehutanan Baluran, LMDH Sumberwaru dan masyarakat dusun Belangguan.

Pada kesempatan itu pihak Balai Taman Nasional Baluran mengajak segenap masyarakat untuk turut menjaga kelestarian hutan khususnya kawasan TN Baluran serta meningkatkan kesadaran para pelaku illegal loging.

Kepala Desa Sumberwaru menyampaikan bahwa penyuluhan kepada masyarakat perlu dilakukan secara terus menerus dan apa yang dilakukan oleh masyarakat pada dasarnya adalah keterpaksaan untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka, sehingga apabila ada tindak pelanggaran agar dapat terlebih dahulu dilakukan pembinaan oleh pihak desa.

Dusun Belangguan adalah salah satu wilayah pemukiman masyarakat yang berbatasan dengan kawasan Baluran dimana sebagian masyarakatnya masih mengandalkan mata pencahariannya dengan mengambil kayu di dalam kawasan.

 

Sumber: Balai TN Baluran

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini