Petugas TN Gunung Leuser Lepasliarkan Trenggiling Temuan Warga Bohorok

Selasa, 22 Oktober 2019

Bohorok,  Oktober 2019, Petugas Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser wilayah V Bohorok melepasliarkan satu individu trenggiling di resor Bukit Lawang pada Senin (21/10), pukul empat sore.

Satwa bersisik ini ditemukan warga desa Timbang Lawan kec. Bohorok. Warga mengaku memergoki satwa yang bernama ilmiah Manis javanica ini saat sedang berjaga di persawahan. Mengetahui satwa tersebut dilindungi undang-undang, warga menyerahkan hewan langka ini kepada petugas TN Gunung Leuser pada Sabtu (19/10).

Setelah diperiksa volunteer setempat, sang trenggiling dinyatakan dalam keadaan baik serta layak untuk dilepasliarkan.

“Ada trend menarik dari proses ini, kami melihat peningkatan kesadaran masyarakat untuk menyerahkan satwa liar kepada kami,” ujar Palber Turnip, Kepala Seksi Pengelolaan TN wilayah V Bohorok.

“Ya, mungkin ada korelasi dengan trust yang terbangun di masyarakat setiap release satwa liar ke habitatnya”, jelasnya kemudian.

Trenggiling berdasarkan IUCN berstatus kritis. Satwa pemakan semut yang betuk tubuhnya memanjang ini terancam keberadaannya akibat habitatnya terganggu serta menjadi objek perdagangan satwa liar.

Sumber: Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser

 

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini