Giat Patroli Pengamanan Kawasan Dan Ground Check Open Area Resort 5 Sopotinjak

Jumat, 18 Oktober 2019

Sopotinjak, 18 Oktober 2019. Kegiatan Patroli Pengamanan Hutan di Kawasan Taman Nasional Batang Gadis (TNBG) adalah kegiatan preemtif dan preventif yang ditujukan guna mencegah, menghilangkan, mengurangi, menutup niat dan kesempatan seseorang atau kelompok untuk melakukan tindak pidana kehutanan. Metode pelaksanaan kegiatan patroli pengamanan kawasan dan ground check open area Taman Nasional Batang Gadis ini dilakukan berdasarkan rencana kerja, baik dari peralatan seperti peta kerja dan alat teknis. Tim Patroli berjalan kaki menyusuri Kawasan Hutan Taman Nasional Batang Gadis, mencatat segala bentuk pengamatan yang terjadi di lapangan dan pengambilan track dan waypoint. Jalur yang dilewati oleh tim merupakan jalur yang menurut keterangan warga adalah jalan Belanda dalam pemasangan batas Hutan jaman dulu. Pada saat sedang patroli tim menemukan kelompok bunga raflesia dengan jumlah 15 bongkol (belum mekar). Tim patroli pengamanan yang diketuai oleh Siti Wahyuna. SP Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah III Muarasoma menyampaikan antara lain :

  • Perlu dilakukan tindak lanjut terkait pal batas dan plang yang berada dikawasan Taman Nasional Batang Gadis yang merupakan Pal batas HL dan HPT
  • Perlu dilakukan pemetaan dan demplot raflesia di hutan wilayah Sopotinjak dan keberadaan tetrastigma yang menjadi inang tumbuh bunga raflesia.
  • Dibutuhkan koordinasi terhadap pihak pemerintah desa dan masyarakat terkait pembersihan lahan di wilayah danau Saba Begu untuk diketahui oknum pelakud dan motif.

Perlunya dilakukan pertemuan antara pihak Taman Nasional Batang Gadis dan pemerintah desa Sopotinjak terkait masalah konflik kepemilikan lahan dan mencari solusi dan bentuk kerjasama yang bias menguntungkan kedua belah pihak.

Sumber : Balai Taman Nasional Batang Gadis

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini