BKSDA NTB Berikan Bantuan Usaha Ekonomi Produktif Masyarakat Daerah Penyangga

Jumat, 18 Oktober 2019

Sumbawa, 14 Oktober 2019 - BKSDA NTB melalui Kepala Balai Ir. Ari Subiantoro, M.P., Kepala SKW II Sumbawa, Arap, S.P. beserta staf memberikan Bantuan Usaha Ekonomi Produktif Masyarakat untuk dua desa di Daerah Penyangga Kawasan Konservasi yakni TWAL Pulau Moyo dan CA Pulau Panjang.

Dalam Kegiatan Bantuan Usaha Ekonomi Produktif ini, BKSDA NTB juga didampingi dan disaksikan oleh Pemerintah Daerah setempat yakni dari Camat Moyo utara, Ardian Pranata, S.STP., Sekretaris dan staf, Kepala Desa Kukin beserta Sekretaris dan Kepala Dusun Ai Bari.

Saat Pembukaan Acara, Arap S.P. selaku Kepala SKW II Sumbawa menyampaikan, "Keberadaan TWAL Pulau Moyo dengan segala potensi wisata pantai dan terumbu karang adalah berkah untuk kita semua. Dengan bantuan ini diharapkan masyarakat juga dapat lebih merasakan manfaat secara ekonomi dari berkah itu."

Senada dengan itu, Kepala BKSDA NTB Ir. Ari Subiantoro, M.P. juga menambahkan, "Bantuan ini hanya permulaan, semoga kedepan masyarakat bisa mengembangkan bantuan ini sehingga muncul alternatif atraksi wisata baru di TWAL Pulau Moyo ini."

Dua desa daerah penyangga sebagai penerima bantuan ekonomi produktif, pertama Desa Kukin Dusun Ai Bari Kecamatan Moyo Utara Kabupaten Sumbawa melalui Kelompok Masyarakat "Bina Tanjung Pasir Sejahtera" untuk TWAL Pulau Moyo dan kedua Desa Labuhan Mapin Kecamatan Alas Barat Kabutapen Sumbawa melalui Kelompok Masyarakat "Sinar Lestari" untuk CA Pulau Panjang.

BKSDA NTB memberikan bantuan usaha ekonomi produktif kepada Kelompok Bina Tanjung Pasir Sejahtera berupa 5 (lima) set alat snorkling dan pelampung dan 1 (satu) set kayak. Melalui bantuan ini, diharapkan perekonomian anggota kelompok dapat terbantu melalui penyediaan jasa penyewaan alat snorkling untuk para pengunjung di TWAL Pulau Moyo.

Sementara untuk Kelompok Sinar Lestari, bantuan yang diberikan berupa satu unit sampan beserta mesin, tali dan jangkar. Salah satu harapan besar BKSDA NTB adalah dapat membantu perekonomian anggota kelompok melalui jasa penyewaan sampan dan harapan lain untuk bersama-sama BKSDA NTB menjaga Kawasan Konservasi, mengingat sebagian besar Anggota kelompok juga merupakan anggota MMP yang sering melakukan patroli dan pengamanan di wilayah CA Pulau Panjang.

(SUMBER : BKSDA NTB)

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini