Pembentukan kelompok PLTMH di Desa Mongiilo Utara

Jumat, 18 Oktober 2019

Bone Bolango, 11 Oktober 2019. Kegiatan ini dilaksanakan di rumah Pak Gulu (Kadir Halunteki), dihadiri oleh Ayahanda/Kepala Desa (Mahmud Kasupu), Ibu Kepala Dusun 3 (Agustina Komuna) Desa Mongiilo Utara, Kepala Sub Bagian Tata Usaha BTNBNW (Kusmayanti, S.Hut), staf Ahli dari BP2LHK Makassar, Kepala Resort Bolango, dan Staf dari BTNBNW.

Kegiatan ini bertujuan untuk menindaklanjuti tentang pembangunan PLTMH di Desa Mongiilo Utara. Pada diskusi ini dibahas bagaimana cara memenuhi dan mobilitas dari material pembangunan untuk membangun rumah turbin dll mengingat kondisi jalan yang masih rusak dan lokasi dusun yang agak sulit diakses. Kelompok diharapkan dapat berpartisipasi aktif dalam pembangunan dan pengelolaan serta pemeliharaan PLTMH yang kemudian akan dimanfaatkan oleh masyarakat.

PLTMH ini diharapkan dapat membantu masyarakat Desa Mongiilo Utara khususnya Dusun 3 Biluwango mendapatkan penerangan yang lebih murah dan praktis. Karna selama ini masyarakat hanya menggunakan genset saat malam hari agar dapat menghidupkan lampu. Bahan bakar yang digunakan genset untuk menghidupkan listrik (lampu) rumah sekitar 2,5 liter sampai jam 12 malam. Gensetpun juga hanya sekitar 10 orang yang memiliki, selebihnya masyarakat yang tidak memiliki genset hanya menggunakan lampu botol.

Adapun susunan kepengurusan yang berhasil dibentuk adalah :

Pak Yudin (Arman Polimbato) sbg Ketua Kelompok

Pak Gulu (Kadir hulenteki) sbg  Bendahara Kelompok

Pak Inton Pou sbg Operator 1 mesin

Pak Arman Halunteki sbg Operator 2 mesin

 

Penulis : Diah Ayu Lestari (Penyuluh Kehutanan BTNBNW)

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini