Negara Hadir Untuk Masyarakat Melalui Taman Nasional Bogani Nani Wartabone

Jumat, 18 Oktober 2019

Bone Bolango, 18 Oktober 2019. Secara administrasi lokasi kegiatan pembangunan PLTMH berada di Desa Mongiilo Utara, Kecamatan Bulango Ulu, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo. Desa Mongiilo merupakan desa yang berbatasan dan berada pada desa penyangga kawasan Taman Nasional Bogani Nani Wartabone. Mayoritas penduduknya bermata pencaharian sebagai petani kebun dan sebagian lain masih menggantungkan hidupnya pada kawasan hutan.  Desa Mongiilo Utara merupakan salah satu desa yang sudah berpuluh tahun belum dialiri listrik hingga sekarang,  sehingga pada saat malam hari aktivitas masyarakat sangat terbatas. Keterbatasan waktu belajar anak-anak setempat dan juga perkembangan desa yang masih lamban dikarenakan kurangnya informasi yang bisa diakses.

Melihat kondisi tersebut Ditjen KSDAE melalui Taman Nasional Bogani Nani Wartabone Menginisiasi pembangunan PLTMH dengan memanfaatkan Potensi Air dari dalam kawasan. PLTMH adalah  suatu pembangkit listrik skala kecil yang menggunakan tenaga air sebagai tenaga penggeraknya seperti, saluran irigasi, sungai atau air terjun alam dengan cara memanfaatkan tinggi terjunan (head) dan jumlah debit air.

Harapannya melalui pembangunan PLTMH ini bukan hanya mengalirkan listrik tetapi juga dapat meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat. Sebagai salah satu contoh dalam hal pendidikan,  anak-anak sudah bisa belajar lebih lama dimalam hari tanpa kegelapan, masyarakat bisa mengakses berita melalui TV sehingga bisa melihat perkembangan dunia luar, serta juga bisa meningkatkan pendapat masyarakat khususnya kaum ibu dengan membuat kue, menjahit dll.

Penulis : Amal Hidayat (CPNS Polisi Kehutanan BTNBNW)

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini