“Penyuluh BKSDA Jakarta melalui Program Kelas Konservasi Kenalkan Satwa Dilindungi kepada Guru-Guru”

Kamis, 17 Oktober 2019

Jakarta, 16 Oktober 2019. Bertempat di Taman Mini Indonesia Indah, BKSDA Jakarta menyelenggarakan kegiatan kelas konservasi bagi Kelompok Edukasi kawasan konservasi satwa, tumbuhan lingkungan (EKSATLI). Kegiatan yang diikuti 20 orang yang berasal dari Guru-Guru Sekolah di wilayah Jakarta ini mengikuti program dengan tujuan agar guru-guru tersebut mengenal tentang Lembaga konservasi (LK) TMII yang menjadi binaan BKSDA Jakarta dan program yang dilaksanakan oleh LK TMII, serta memperkenalkan beberapa jenis reptil dan burung yang dilindungi.

Sri Mulyani, penyuluh Balai KSDA Jakarta menyampaikan bahwa dari kegiatan ini dapat tumbuh kesadaran dan pengetahuan mengenai pengelolaan satwa liar yang selama ini telah dilakukan. “Kami sangat berharap para Guru yang kami ajak bisa menyampaikan pengetahuan ini kepada anak didiknya dan bahkan kepada lingkungan sekitar mereka” imbuh ibu 1 orang anak ini.

Narasumber dalam kegiatan ini adalah drh. M. Piter Kombo selaku Bird dan Reptil Park Manager. “Kami TMII menyambut baik program EKSATLI ini, karena program ini merupakan salah satu bentuk upaya pelestarian satwa liar melalui upaya penyadartahuan” ungkap Dokter hewan Kombo. Dalam diskusi yang berkembang para peserta Eksatli berharap ada dukungan dan kerja sama dengan pihak TMII dalam memperkenalkan/ mengedukasi siswa-siswa di sekolah khususnya sekolah tempat para peserta kegiatan ini mengajar.

Salah satu peserta yaitu pak Sutrisno yang berasal dari sekolah SDN Kampung Rawa 01 menyampaikan dengan antusias “ kegiatan seperti ini harus dirutinkan, dan harus menjangkau sekolah dan guru yang lebih luas lagi”. Kegiatan diakhiri dengan kunjungan dan pengamatan satwa dan burung di Taman Reptil dan Taman Burung.

EKSATLI sendiri merupakan kependekan dari kelompok Edukasi kawasan konservasi, satwa, tumbuhan, dan lingkungan yang merupakan kelompok binaan BKSDA Jakarta yang beranggotakan guru/pengajar dan mahasiswa. Kelompok ini dibentuk pada akhir tahun 2018 dan memiliki program rutin berupa Sambang Sekolah.

Sumber: Richard M Sirait (Penyuluh Kehutanan BKSDA Jakarta)

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini