Balai TN Tesso Nilo Melaksankan Monev Kelompok Ekonomi Desa Penyangga

Air Hitam Bagan Limau, 19 September 2019. Selasa-Rabu, 17-18 September 2019 – Guna mensukseskan program pemberdayaan masyarakat desa penyangga Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN), petugas Balai TN Tesso Nilo dan Resort Air Hitam Bagan Limau Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah I Lubuk Kembang Bunga (LKB) melaksanakan kegiatan monev (monitoring dan evaluasi) kelompok ekonomi desa penyangga di Dusun 5 Pondok Kompeh Desa Lubuk Batu Tinggal, Kec. Lubuk Batu Jaya Kab. Indragiri Hulu (INHU).

Kegiatan monev ini, diisi dengan berdiskusi terbuka  bersama masyarakat pondok kompeh yang berjumlah lebih kurang 50 orang. Kegiatan dihadiri juga oleh Camat Lubuk Batu Jaya Bapak Triyatno Surgiwo, SIP, Pj Kades Lubuk Batu Tinggal (LBT) Bapak Suyono beserta jajaran dan perangkat Dusun, RT/RW.

Berdasarkan dari keterangan Kepala Resort Air Hitam Bagan Limau Bapak Ahmad Gunawan, S.Hut, diskusi ini mendapat sambutan baik oleh masyarakat maupun perangkat pemda dan desa dengan didapatkan kesepakatan bersama bahwa  Pemda INHU, Pemdes, dan masyarakat siap mendukung segala bentuk program dari Balai TN Tesso Nilo seperti Program PE (Pemulihan Ekosistem), Pencegahan Karhutla, Pemberdayaan Ekonomi dan Mempertahankan hutan alam TN Tesso Nilo.

Usai berdiskusi panjang, seluruh peserta yang hadir melanjutkan kegiatan dengan melakukan penanaman bibit pohon bersama-sama. Selanjutnya tim bersama pemda dan pemdes meninjau lokasi pembibitan kelompok Mitra Sejahtera, dari peninjauan tersebut diketahui bahwa bibit yang sudah jadi berjumlah 1.500 batang diantaranya terdiri dari jenis jengkol, melinjo dan Kabau. Pertumbuhan dari bibit yang ada saat ini juga sangat baik dan subur.

Pada hari kedua, Rabu tanggal 18 September 2019 Kepala Balai  TN Tesso Nilo Ir. Halasan Tulus juga melakukan kunjungan ke Dusun 5 Pondok Kompeh Desa LBT didampingi oleh Karesort AHBL, Kaur Program, Anggaran dan Kerjasama serta 3 orang personil SPTN I LKB. Dalam kunjungan ini Kabalai berkesempatan berdialog dengan para perangkat dusun dan masyarakat tentang kondisi sosial masyarakat, keinginan terhadap pengelolaan Balai TN Tesso Nilo dan bentuk - bentuk kerjasama yang dapat dikerjakan.

Setelah pertemuan, Kabalai juga mengunjungi lokasi pembibitan kelompok Mitra Sejahtera. Dilokasi pembibitan ini Kabalai memberikan arahan penting kepada kelompok agar memaksimalkan dan memanfaatkan bantuan modal usaha yang sudah diberikan oleh Balai TN Tesso Nilo. Dari lokasi pembibitan Kabalai melakukan pengecekan kedalam kawasan tepatnya wilayah Bukit Apolo. Kabalai ingin memastikan secara langsung terkait kondisi Bukit Apolo dan bentuk kegiatan/aktivitas masyarakat di wilayah tersebut

Kepala Balai TN Tesso Nilo Ir. Halasan Tulus mengungkapkan apresiasinya terhadap kegiatan dan mengatakan,”Pendekatan langsung terhadap masyarakat seperti ini memang tengah kita gencarkan untuk rutin dilaksanakan oleh petugas dan tim, dengan cara ini kita berharap baik masyarakat maupun pemda dan pemdes dapat membantu kita bersama-sama untuk mengelola dan menjaga kawasan TN Tesso Nilo. Balai TN Tesso Nilo juga mengapresiasi masyarakat Pondok Kompeh beserta Pemdes LBT yang telah sukarela membantu pihak BTNTN dalam mengamankan kawasan, terutama pencegahan Karhutla”, ungkap Kepala Balai.

Sumber : Balai Taman Nasional Tesso Nilo

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini