Demi Menjaga Kualitas, TN. Aketajawe Lolobata Lakukan Latihan Menembak Bagi Polhut

Sofifi, 17 September 2019. Guna menjaga kualitas dan meningkatan kapasitas personilnya dilapangan, Balai Taman Nasional Aketajawe Lolobata (TNAL) menyelenggarakan “Peningkatan Kapasitas Polisi Kehutanan". Kegiatan tersebut terdiri dari psikotes dan latihan menembak. Selain Polisi Kehutanan, beberapa pejabat fungsional lainnya pun turut mengikuti kegiatan tersebut. Seluruh kegiatan tersebut dilaksanakan di Sofifi, yaitu di Kantor Balai Taman Nasional Aketajawe Lolobata (TNAL) dan markas Kompi Senapan D TNI Angkatan Darat. Jumla peserta yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 30 peserta.

Psikotes dilaksanakan pada hari pertama (16/9) di kantor Balai TNAL oleh POLDA Maluku Utara. Psikotes ini dilakukan sebagai syarat untuk mendapatkan ijin penggunaan dan memegang senjata api bagi Polisi Kehutanan. Beberapa hal yang dinilai dalam psikotes ini antara lain kecepatan pengambilan keputusan, kecerdasan, dan kepribadian atau emosi para peserta. Selama kegiatan berlangsung, seluruh peserta terlihat sangat antusias dan percaya diri.

Pada hari kedua (17/9), kegiatan dilanjutkan dengan latihan menembak di Kompi Senapan D, Sofifi. Sesuai prosedur yang telah ditetapkan, para peserta diberikan materi terlebih dahulu terkait senjata api yang akan digunakan. Selanjutnya para peserta dibagi dalam 8 group dan menunggu giliran untuk menembak. Seperti tahun-tahun sebelumnya, kegiatan menembak ini juga diperlombakan. Tidak sedikit peserta yang nilainya diatas rata-rata. Setelah melesatkan sebanyak 10 butir peluru, penilaianpun segera dilakukan. Hasil dari latihan menembak tersebut adalah penembak terbaik pertama diraih oleh Roland B. Hadi (Polhut), terbaik kedua diraih oleh Nur Indah Apriliani (Calon Polhut) dan terbaik ketiga diraih oleh Jarot Triatmoko (Penyuluh Kehutanan). Sebagai bentuk apresiasi, Tutut Heri Wibowo selaku Kepala Balai TNAL memberikan tambahan hadiah bagi para juara dan menyampaikan harapannya agar para peserta lebih giat lagi dalam meningkat kemampuannya.

"Alhamdulillah kegiatan telah selesai dilaksanakan dengan baik. Bagi para juara akan saya beri apresiasi dengan tambahan hadiah”, kata Heri, panggilan Kepala Balai.

“Tahun depan akan kami upayakan agar kegiatan ini dapat kembali diselenggarakan. Untuk itu, bagi setiap peserta yang terlibat hari ini harus lebih meningkatkan skillnya dan tentunya saya berharap ada juara baru di tahun depan" tutur Heri.

Rangkaian acara peningkatan kapasitas polisi kehutanan akhirnya resmi ditutup dan ditandai dengan proses foto bersama peserta dengan para pelatih.

Sumber : Aris Rafli - PEH Balai TN Aketajawe Lolobata

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini