Geliat Kelompok Wisata SWAT

Tayawi, 22 Agustus 2019 - Resort Tayawi mengadakan pertemuan dengan salah satu kelompok masyarakat binaan Taman Nasional Aketajawe Lolobata yaitu Sanggar Wisata Alam Tayawi (SWAT). Pertemuan ini dihadiri oleh Kepala Balai, Kepala SPTN I Weda, Kepala Resort Tayawi dan beberapa anggota SWAT. Diharapkan dengan adanya pertemuan ini dapat menambah pengetahuan SWAT dalam menyusun program kerja agar kedepan lebih mandiri.

SWAT terbentuk dari semangat masyarakat untuk memajukan daerah dibidang wisata alam dengan mengembangkan wisata alam di Taman Nasional Aketajawe Lolobata. Anggota SWAT berasal dari masyarakat dan memiliki peran penting dalam mengelola wisata alam di Taman Nasional Aketajawe Lolobata dan sekitarnya.

Dalam kesempatan yang sama, SWAT menerima kunjungan pertama wisatawan mancanegara dari Jerman, wisatawan mengaku sangat tertarik dengan potensi wisata alam dan budaya masyarakat adat di Resort Tayawi, Taman Nasional Aketajawe Lolobata. Aktifitas wisatawan ini didampingi langsung oleh Bapak Sukardi (Staf TNAL), Bapak Melianus (Masayarakat Tobelo Dalam) dan Bapak Hasbi (Anggota SWAT) yang merupakan anggota SWAT. Kunjungan wisatawan tersebut selama 2 (dua) hari tanggal 22 s.d 23 Agustus 2019. Aktifitas wisata yang dinikmati di Resort Tayawi antara lain pengamatan Burung Bidadari Halmahera, atrasi budaya Masyarakat Tobelo Dalam, Air Terjun Havo dan melakukan "balobe" (menangkap sugili / udang) pada malam hari. Kunjungan pertama wisatawan ini dapat menjadi penyemangat SWAT dalam mengembangkan wisata alam dan tentu saja diperlukan pendampingan secara berkelanjutan.

Sumber: Nadiya Fasha Fawzi, S.Hut (Calon PEH Pertama) - Balai TN Aketajawe Lolobata

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini