Lagi, Penyu Mati di Pesisir Pantai Selatan

Yogyakarta, 23 Agustus 2019 - Petugas Balai KSDA Yogyakarta kembali menemukan penyu mati di kawasan Pantai Selatan, kali ini penyu mati ditemukan di Pantai Karangwuni, Kulonprogo.

Informasi awal diperoleh dari Sugiharto, Kepala Bidang Pemberdayaan Nelayan Kecil dan Pengelolaan Pelelangan Ikan Dinas Kelautan dan Perikan Kabupaten Kulonprogo pada hari Kamis (22/8/19) terkait penemuan bangkai penyu. Pada hari yang sama, personil Resort Konservasi Wilayah Kulonprogo segera menindaklanjuti informasi tersebut.

Saat dilakukan pengecekan di lapangan, penyu telah dikubur oleh masyarakat setempat. Setelah dilakukan penggalian dan identifikasi diketahu bangkai penyu yang ditemukan adalah bangkai penyu betina, jenis penyu lekang (Lepidochelys olivacea) dengan kondisi isi perut keluar dan mengeluarkan bau busuk serta karapasnya pecah.

Kejadian ditemukan bangkai penyu juga terjadi pada hari Selasa (20/8/19) dimana ditemukan bangkai jenis penyu hijau (Chelonia midas) yang mati di Pantai Goa Cemara, Bantul.

Kepala Balai KSDA Yogyakarta, M. Wahyudi menyatakan keprihatinannya terhadap kejadian ini. “Ditemukannya bangkai penyu di pesisir pantai selatan dalam waktu berdekatan perlu menjadi perhatian kita bersama. Saya telah menugaskan Kepala Seksi Konservasi Wilayah 1 dan 2 untuk melakukan koordinasi dengan pihak terkait agar membantu identifikasi penyebab kematian penyu di pesisir pantai selatan ini" tegasnya.

 

Sumber : Gunadi (Polhut) - Balai KSDA Yogyakarta

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini