Lorong Kehati di Mini Expo Maluku Utara

Senin, 19 Agustus 2019

Sofifi, 14 Agustus 2019. Mini expo HAKTEKNAS Semarak Kemerdekaan RI ke 74 Tahun dilaksanakan di Kantor Gubernur tepatnya di JL. Trans Halmahera, Gosale Puncak, Oba Utara, Sofifi, Oba Utara, Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara. Kegiatan yang dilaksanakan tanggal 14-15 Agustus 2019 ini merupakan kegiatan mini expo yang pertama kali digelar di Sofifi. Kegiatan tersebut dalam rangka menyongsong hari kemerdekaan RI yang ke 74 tahun dan hari jadi Provinsi Maluku Utara. Tema yang diusung yaitu “Innovation mini expo”, dimana dalam kegiatan ini setiap partisipan menampilkan inovasi dibidangnya masing-masing.

Kegiatan yang diikuti oleh 18 peserta ini di buka secara resmi oleh Wakil Gubernur provinsi Maluku Utara, M. Al Yasin Ali salah satunya diikuti oleh Balai Taman Nasional Aketajawe Lolobata (TNAL). Setelah membuka mini expo tersebut, beliau berkunjung ke setiap stand pameran, antara lain Bank Indonesia, KKN kebangsaan UNKHAIR, dan beberapa instansi daerah maupun vertikal seperti Balai Taman Nasional Aketajawe Lolobata. Dalam kesempatan ini TNAL memperkenalkan keanekaragaman hayati milik Maluku Utara yang berada dalam kawasan konservasi dan Role Model Suaka Paruh Bengkok. Konsep yang diusung adalah Lorong Keanekaragaman Hayati Maluku Utara.

Saat berada di stand Balai TNAL, M Al Yasin Ali menanyakan jenis-jenis burung yang fotonya terpampang di pameran. Tak lupa, beliau juga langsung bertanya tentang Bidadari Halmahera, jenis burung cenderawasih “yang jenis Bidadari Halmahera ada fotonya?”, tanya M. Al Yasin Ali. Dengan sigap, pemandu stand Balai Taman Nasional Aketajawe Lolobata menjelaskan tentang semua pertanyaan Wakil Gubernur Maluku Utara.

Sesaat sebelum meninggalkan stand TNAL, Wakil Gubernur menuliskan pesan konservasi untuk Maluku Utara yang telah disiapkan. Pesan beliau adalah “penting konservasi dilestarikan, sebagai ruang satwa-satwa yang langka di Indonesia”.

Dalam kesempatan tersebut  pihak Balai TNAL memberikan cinderamata berupa Topi Rimba, Gantungan Kunci, dBuku Jelajah Rimba Biodiversity Of Halmahera, serta sedotan bambu dimana cinderamata tersebut juga dibagikan kepada pengunjung mini expo.

 

Sumber: Nur Indah Apriliyani (CPNS Calon Polhut) - Balai TN Aketajawe Lolobata

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini