Bersama Kelola Hutan

Kamis, 11 Juli 2019

Glenmore, 10 Juli 2019. Bertempat di Perkebunan Lonsum Treblasala Glenmore pada 9 Juli 2019 telah dilaksanakan FGD tripartit antara Balai Taman Nasional Meru Betiri  (TN MerBeti), BBKSDA Jawa Timur dan PT. Lonsum Treblasala. Acara ini dihadiri langsung oleh Manager Lonsum Andi La Tenri, Kepala SPTNW III Kalibaru TN MerBeti Sulistrianto, S.Si., M.Si., Kepala Seksi Konservasi Wilayah V Banyuwangi BBKSDA Jatim Sumpena, Bidang KSDA Jember serta Kepala Resort Konservasi Wilayah (RKW) 14 BBKSDA Banyuwangi Vivi Primayanti beserta para Astan dan staf ketiga unsur.

Pertemuan ini bertujuan untuk menyelaraskan persepsi perkebunan dengan Balai TN MerBeti dan BBKSDA Jatim. Hasil pertemuan disepakati beberapa hal yaitu:

  1. Peningkatan patroli dan jaga bersama ketiga pihak baik yang rutin atau berkala;
  2. Gangguan utama konflik satwa liar terhadap perkebunan terdiri dari kera abu-abu (Macaca sp.) dan banteng (Bos javanicus);
  3. Perkebunan akan meningkatkan pemeriksaan kendaraan angkutan baik internal maupun eksternal yang melewati Pos jaga utama Lonsum;
  4. Ketiga unsur sepakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap bahaya kebakaran hutan dan lahan;
  5. Kerugian yang diderita Lonsum akan disampaikan secara tertulis kepada Kepala Seksi Konservasi Wilayah V Banyuwangi BBKSDA Jatim serta ditembuskan ke Kepala SPTNW III Kalibaru.

Dengan adanya penyelarasan persepsi diharapkan hutan tetap lestari, habitat satwa terlindungi, konflik manusia dan satwa liar teratasi dan masyawarakat sejahtera.

 

Sumber: Balai TN Meru Betiri

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini