Direktur KK Resmikan Sarpras di Kampung Tablasupa

Jayapura, 24 Juni 2019. Direktur Kawasan Konservasi (KK), Ir. Dyah Murtiningsih, M.Hum melakukan Kunjungan Kerja ke Balai Besar KSDA Papua Jayapura. Dalam kunjungan tersebut, Direktur KK didampingi Kepala Balai Besar KSDA Papua, Edward Sembiring, S.Hut., M.Si, membuka dan memberikan arahan dalam kegiatan Bimbingan Teknis METT. Pada hari berikutnya, Jum’at (21/06) melakukan kunjungan ke Kampung Tablasupa, Distrik Depapre Kabupaten Jayapura untuk memberikan motivasi kepada kelompok masyarakat untuk tetap menjaga hutan yang indah dan mengembangkan kegiatan ekowisata yang kemudian dilanjutkan dengan peresmian sarana dan prasarana wisata alam pada kawasan penyangga CA. Pegunungan Cycloop, Resort Tepera Yewena Yongsu, BBKSDA Papua.

Dalam kegiatan ini dihadiri pula Kepala Balai TN Wasur, Perwakilan TN. Loretz, USAID Lestari, Kepala Kampung Tablasupa, Ondoafi, Sekretaris Dewan Adat Tablasupa, Babinsa Koramil 1701/10 Depapre, Babinkamtibnas, Ketua Dewan Adat Tepera Yewena Yongsu, Ketua Kelompok Pecinta Alam Amemay May, Masyarakat Mitra Polhut dan Masyarakat setempat. Dalam sambutannya Kepala Kampung Tablasupa menyampaikan pula pernyataan dari masyarakat kampung bahwa mereka sangat mendukung kegiatan yang telah dilakukan oleh BBKSDA Papua. Hal ini berdasarkan pada fakta bahwasanya pembangunan sarana dan prasarana yang dilakukan merupakan suatu upaya dalam perlindungan Sumber Daya Alam yang mereka miliki melalui pemberdayaan masyarakat setempat.

Pada kesempatan ini Dyah Murtiningsih menyampaikan bahwa Kampung Tablasupa memiliki potensi alam yang luar biasa yang perlu dijaga dan dikembangkan secara maksimal. Upaya yang telah dilakukan BBKSDA Papua melalui paket wisata merupakan kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Tablasupa. Kampung Tablasupa merupakan Kelompok Binaan Desa Konservasi BBKSDA Papua Resort Tepera Yewena Yongsu.  

Adapun sarana dan prasarana wisata alam yang akan dilakukan peresmiannya antara lain berupa jalur tracking sepanjang 600m, Toilet 1 Unit, Jembatan jalur Tracking 3 Unit dan Home Stay sebanyak 6 kamar dan 2 Kamar mandi. Setelah meresmikan Sarana dan Prasana Wisata alam beliau berkesempatan memantau burung cenderawasih pada site monitoring Plot 2. Dengan adanya pembangunan sarpras wisata ini, maka diharapkan Kampung Tablasupa menjadi daerah Objek Wisata yang lebih baik lagi dan menjadi idaman yang diminati oleh masyarakat banyak untuk melakukan kegiatan ekowisata Tablasupa, sehingga dengan demikian kesejahteraan masyarakat dapat meningkat dan Cagar Alam Pegunungan Cycloop dapat terjaga kelestariannya.[]

Sumber : Balai Besar KSDA Papua

Call Center : 0823-9802-9978

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini