Kebakaran Hutan di Kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani

Senin, 24 Juni 2019

Mataram, 24 Juni 2019. Telah terjadi kebakaran hutan Taman Nasional Gunung Rinjani yang berlokasi di kawasan hutan Bukit Kondo, pada koordinat 116o 31’ 10.5” BT dan 08o 25’ 6.6”. Kebakaran terjadi pada Hari Minggu tanggal 23 Juni 2019 sekitar pukul 17.00 wita. Setelah menerima informasi, petugas Balai Taman Nasional Gunung Rinjani langsung melakukan koordinasi dan memastikan hotspot di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani. Kondisi areal yang terbakar didominasi oleh rumput dan alang-alang (savana) dengan topografi yang sangat terjal.

Upaya yang dilakukan pada tanggal 23 Juni 2019 adalah melakukan koordinasi dengan aparat pemerintah (Kapolsek Sembalun, Danramil Sembalun, Camat Sembalun, BPBD Kabupaten Lombok Timur dan BNPB); menyiapkan anggota Tim pemadaman dan evakuasi; melakukan Evakuasi Masyarakat yang berada dalam kawasan sejumlah 18 (delapan belas) orang dan seluruhnya berhasil dievakuasi dalam kondisi selamat. Mempertimbangkan kondisi malam hari dan lokasi kebakaran yang terjal maka Tim melakukan pemantauan kondisi api.

Upaya yang dillakukan pada tanggal 24 Juni 2019 adalah melakukan koordinasi lanjutan; menyiapkan anggota dan peralatan Tim pemadaman; melakukan pemantauan kondisi api dan melakukan pemadaman. Jumlah Personil (Tim Pemadam dan Evakuasi) Balai Taman Nasional Gunung Rinjani sebanyak 14 orang, Masyarakat Peduli Api sejumlah 10 orang, masyarakat / Pokdarwis : 15 orang, MMP sebanyak 4 orang, Balai KPH Rinjani Timur : 4 orang, Polsek Sembalun : 3 orang dan Koramil Sembalun sejumlah 3 orang.

Sarpras Pemadaman yang disiapkan berupa ; 1 Unit Mobil Slip on, 1 Unit Mobil Patroli Damkarhut, 2 buah Jet Shoter, 4 buah Gareng kecil, 2 buah Gareng Besar, 1 buah Gepyok, 3 jerigen (@ 20 liter) Cairan Adiktif, 2 buah Sekop dan parang. Luas areal kebakaran hutan diperkirakan seluas 141,6 Ha. Vegetasi terbakar rumput, alang-alang, edelweiss, Bangsal dan Cemara Gunung. Penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan. Hingga saat berita ini diterbitkan, Tim masih melakukan pemadaman. Titik api masih terpantau 2 hot spots mengarah ke bukit kondo dan arah gunung pusuk.

Apabila membutuhkan informasi dan data kondisi kawasan TNGR dan proses pemadaman kebakaran hutan dapat menghubungi kami melalui Call Centre Balai Taman Nasional Gunung Rinjani dengan nomor 0811283939 atau media sosial di twitter:@tnrinjani, instagram: gunungrinjani_nationalpark, Facebook: Taman Nasional Gunung Rinjani, dan website: tngr.menlhk.go.id.

Sumber : Balai Taman Nasional Gunung Rinjani

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini