Penandatanganan Antara BKSDA Kalsel dengan Distrik Navigasi Kelas II Banjarmasin

Senin, 24 Juni 2019

Banjarbaru, 19 Juni 2019 – Bertempat di ruang rapat Balai KSDA Kalimantan Selatan telah dilaksanakan penandatanganan kerjasama antara Kepala Balai KSDA Kalsel Dr. Ir. Mahrus Aryadi, M.Sc dengan Kepala Distrik Navigasi Kelas II Banjarmasin Abdul Kasim Tualeka tentang Pembangunan Strategis Yang Tidak Dapat Dielakan Dalam Rangka Pemanfaatan Bangunan Navigasi Eksisting Di Suaka Margasatwa (SM) Kuala Lupak Kabupaten Barito Provinsi Kalimantan Selatan.

Dalam sambutannya Dr. Mahrus menyampaikan bahwa tujuan  kerjasama yang dilakukan pada blok khusus dengan luas areal  0,484 ha adalah untuk menjamin terwujudnya keutuhan, kelestarian, dan manfaat SM. Kuala Lupak serta meminimalkan dampak baik langsung maupun tidak langsung sebagai akibat kegiatan pemanfaatan bangunan navigasi eksisting di SM. Kuala Lupak melalui peran serta para pihak.

Ruang lingkup perjanjian kerjasama meliputi:

  1. Pemeliharaan bangunan navigasi yang terdiri dari 5 (lima) unit rumah dinas, 2(dua) unit menara navigasi yang terdiri atas 1 (satu) unit mercu suar dan 1 (satu) unit menara VTS serta 1 ( satu) unit rumah genset.
  2. Perlindungan dan pengamanan kawasan berupa; inventarisasi dan pembuatan peta kerawanan hutan, pencegahan gangguan keamanan hutan, identifikasi tanda batas, penguatan tenaga pengamanan termasuk pembentukan pengamanan swakarsa, patroli dan penanggulangan kebakaran.
  3. Pemberdayaan Masyarakat
  4. Penyediaan sarana dan prasarana kerjasama dalam pengelolaan kawasan
  5. Pemulihan ekosistem, berupa rehabilitasi dan restorasi kawasan

Dengan ditandatanganinya PKS ini kedua belah pihak berharap dapat memperoleh manfaat secara bersama-sama terutama adanya kepastian hukum dalam pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya hutan pada kawasan konservasi SM. Kuala Lupak. (Ryn)

Sumber : Prawira Aditya Rahman, SE - Staf Balai KSDA Kalimantan Selatan

WhatsApp Image 2019-06-24 at 07.48.40

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini