Antisipasi Gangguan Sebelum dan Setelah Lebaran, Balai TN Komodo Patroli Pengamanan Gabungan

Labuan Bajo, 12 Juni 2019. Untuk mengantisipasi adanya gangguan keamanan sebelum dan setelah lebaran kemarin, Balai TN Komodo bersama anggota Subden B Pelopor Satbrimob Polda NTT dan Polres Manggarai Barat telah melakukan patroli pengamanan kawasan baik darat maupun perairan.

Dengan menggunakan empat armada speedboat, patroli pengamanan gabungan tersebut dibagi dalam tiga gelombang yakni tanggal 11-20 Mei, 21-31 Mei dan 01-10 Juni 2019. Dalam setiap gelombang, tim patroli dibagi menjadi dua grup yakni grup yang berpatroli di Pulau Rinca, Padar dan sekitarnya serta grup yang berpatroli di Pulau Komodo dan sekitarnya.

Sasaran utama patroli perairan adalah daerah-daerah rawan pelanggaran baik di darat maupun perairan. Patroli perairan umumnya dilaksanakan tim pada siang hari, sedangkan pada malam hari tim melakukan patroli darat serta pemantauan aktivitas yang mencurigakan dari beberapa titik pemantauan.

Selama patroli darat, tim tidak menemukan adanya pelanggaran dan aktivitas yang mencurigakan. Berbeda dengan patroli daratan, saat patroli perairan masih ditemukan beberapa pelanggaran yang dilakukan oleh masyarakat seperti pengunjung yang melakukan aktivitas camping dan tidak memiliki tiket masuk, nelayan yang tidak melapor ke pos jaga, serta nelayan yang menggunakan kompresor. Terhadap para pengunjung maupun nelayan tersebut telah diberikan pembinaan oleh tim patroli.

Walau dalam keadaan cuaca dan gelombang laut yang kurang bersahabat, namun pelaksanaan patroli pengamanan gabungan ini secara umum dapat berjalan dengan baik. Selain kegiatan pengawetan dan pemanfaatan sumberdaya di TN. Komodo, kegiatan perlindungan memang mutlak diperlukan. Keseimbangan ketiga kegiatan tersebut tentu akan mewujudkan kelestarian kawasan TN. Komodo.

Sumber : Balai Taman Nasional Komodo

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini