Pemusnahan Tanaman Sawit di SM Giam Siak Kecil

Selasa, 21 Mei 2019

Bengkalis, 21 Mei 2019. Personil Bidang Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Wilayah II Balai Besar KSDA Riau melakukan kegiatan patroli pengamanan kawasan di Suaka Margasatwa (SM) Giam Siak Kecil, tepatnya di Desa Bukit Kerikil, Kec. Bandar Laksamana, Kab. Bengkalis pada tanggal 15 s.d 18 Mei 2019.

Kegiatan dikomandoi langsung oleh Kepala Bidang Wilayah II, bapak Heru Sutmantoro dengan upaya pemusnahan tanaman sawit pada lahan perambahan di areal yang dikuasai oleh terdakwa Sudigdo. Sekedar mengingatkan bahwa pada bulan Desember 2018, telah ditangkap seorang perambah di kawasan SM Giam Siak Kecil atas nama Sudigdo oleh tim gabungan KLHK, Polri dan TNI dimana kasusnya sudah sampai proses pengadilan. Pada saat itu, telah dilakukan penanaman sawit di areal perambahan.

Kegiatan patroli berhasil memusnahkan tanaman sawit sebanyak kurang lebih 500 batang dengan umur tanaman antara 5 bulan sampai 2 tahun pada lahan seluas 6 hektar.

Kepala Balai Besar KSDA Riau, bapak Suharyono, berkomitmen untuk terus menjaga keutuhan SM Giam Siak Kecil yang juga merupakan kawasan areal inti Cagar Biosfer Giam Siak Kecil Bukit Batu dari aktivitas perambahan dan gangguan hutan lainnya.

Yuuuk kita sama sama mengamankan kawasan hutan yang tersisa agar Indonesia sebagai paru paru dunia tak hanya tinggal cerita belaka.

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini