Safari Ramadhan bersama SPTN III Kalibaru TN MerBeti

Senin, 20 Mei 2019

Kalibaru, 20 Mei 2019. Rangkaian safari ramadhan oleh Kepala Balai TN Meru Betiri (MerBeti), Maman Surahman dilaksanakan pada tanggal 16 s/d 17 Mei 2019. Kamis, 16 Mei 2019 Kabalai TN MerBeti didampingi oleh Kepala SPTN Wilayah III Kalibaru, Sulistrianto melakukan koordinasi di kantor PTPN XII Perkebunan Malangsari. Kedatangan pihak TN MerBeti disambut hangat oleh Jaenuri selaku manager. Dalam kesempatan ini, dibahas mengenai kerjasama terkait pengamanan kawasan TN MerBeti yang berdampingan dengan Perkebunan Malangsari sehingga sehingga perlu penyamaan persepsi terkait pengamanan kawasan. Selain itu, dibahas juga mengenai pemberdayaan masyarakat Malangsari yang merupakan daerah penyangga TN MerBeti berupa budidaya ikan air tawar. Dengan adanya koordinasi antara dua pucuk pimpinan ini diharapkan bisa membuat kegiatan konkrit untuk pengamanan dan pemberdayaan masyarakat di TN MerBeti.

Sore harinya dilakukan buka bersama di Malangsari yang dihadiri juga oleh ASN, Tenaga Harian Lepas (THL), dan MMP (Masyarakat Mitra Polhut) SPTN Wilayah III Kalibaru. Malam harinya, dilakukan pengamanan  hutan dengan cara menyanggong (menjaga) akses masyarakat keluar masuk kawasan TN MerBeti. Hasilnya tak ditemukan adanya pelanggaran tipihut.

Jumat, 17 Mei 2019 Kabalai TN MerBeti mengunjungi kawasan Blok Sengkareng Malangsari. Akses kesana tak bisa ditempuh dengan kendaraa roda 4, sehingga dilanjutkan dengan menggunakan sepeda motor. Kabalai bangga dengan kondisi hutan TN MerBeti yang terlihat masih utuh dibanding kawasan hutan di sekitarnya. Dalam perjalanan ini MMP merasa puas dan gembira atas kehadiran Kabalai. Semangat petugas lapangan terbarui kembali.

Menutup perjalanan ini, Kabalai berpesan “Jaga kekompakan dan kebersamaan, dipastikan kerja kita menjadi ringan.”  Sejahterakan masyarakat, Hutan lestari.

  

Sumber: Balai TN Meru Betiri

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini