Balai Besar Tana Bentarum Bersama YPOS Sosialisasi Pelepasliaran OU dan Beasiswa dari Sub DAS Mendalam

Jumat, 10 Mei 2019

Padua Mendalam, 06 Mei 2019. Yayasan Penyelamatan Orangutan Sintang (YPOS) bekerja sama dengan Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum (BB TaNa Bentarum) melakukan kegiatan sosialisasi Program pelepasliaran Orangutan yang telah dilaksanakan sejak 2017 sampai dengan 2018 serta rencana pelepasliaran 4 individu Orangutan di Tahun 2019. Selain paparan tentang program pelapasliaran Orangutan di Sub DAS Mendalam, pihak YPOS dan BB TaNa Bentarum juga mensosialisasikan tentang rencana program beasiswa bagi siswa/i yang berasal dari 3 Desa di Sub Das Mendalam yaitu Desa Tanjung Karang, Deda Padua Mendalam dan Desa Datah Dian. Kegiatan sosialisasi ini dihadiri oleh Tumenggung Dayak Kayaan, Kepala Desa Tanjung Karang, Kepala Desa Padua Mendalam, Kepala Desa Datah Dian dan masyarakat dari 3 Desa tersebut.

Manajer dari YPOS, Victor mengucapkan terima kasih kepada perangkat desa Padua Mendalam yang telah berkenan menjadi tuan rumah dan membantu sehingga terselenggaranya acara sosialisasi ini. dia juga menyampaikan bahwa pelepasliaran Orangutan di Sub DAS Mendalam sudah dilakukan 3 kali mulai tahun 2017 sampai dengan tahun 2018. Lebih lanjut Viktor menjelaskan bahwa sosialisasi beasiswa bagi siswa/i yang berada di Sub DAS Mendalam bertujuan agar keberadaan tim dari YPOS yang bekerja sama dengan BB TaNa Bentarum dapat berdampak langsung bagi masyarakat terutama dibidang pendidikan.

Program beasiswa nantinya akan diberikan kepada 70 siswa/i yang berasal dari 3 desa tersebut dengan jenjang SD hingga SMA. Penerima beasiswa ialah siswa yang berprestasi dari keluarga yang kurang mampu secara ekonomi dan telah dilakukan seleksi baik itu dari pihak sekolah maupun dari pihak BB TaNa Bentarum dan YPOS. Dalam sambutannya Kades Padua Mendalam, Haraan berharap kegiatan program beasiswa ini dapat berjalan dengan baik sehingga dapat membantu masyarakat dan berharap ke depan bantuan tidak hanya di bidang pendidikan tetapi juga dibidang lainya seperti pertanian, perkebunan dll.

Ferry Liuw, Kepala Bidang PTN Wilayah II Kedamin mewakili BB TaNa Bentarum menyampaikan bahwa program pelepasliaran orangutan dan program beasiswa ini kerja sama antara pihak YPOS dan BB TaNa Bentarum. Program beasiswa ini merupakan wujud nyata atas kepedulian YPOS dan BB TaNa Benatarum kepada masyarakat yang berada di Sub Das Mendalam. "Banyak anak-anak yang memiliki potensi tetapi kurang mampu melanjutkan pendidikan, dengan adanya beasiswa ini diharapkan dapat membantu pendidikan mereka” ucapnya.

Sumber : Badrul Arifin - Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum (TaNa Bentarum)

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini