Atraksi Budaya di Desa Binaan Balai Besar TN Kerinci Seblat

Kamis, 09 Mei 2019

Pesisir Selatan, 9 Mei 2019. Upaya pengembangan ekowisata di Taman Nasional Kerinci Seblat khususnya di Bidang Pengelolaan Taman Nasional Wilayah II Sumatera Barat terus dilakukan, kegiatan kali yang dilakukan merupakan kaloborasi antara Balai Besar TN Kerinci Seblat (BBTNKS) dengan Pemda Kabupaten Pesisir Selatan dimana. Kegiatan yang dilakukan adalah Atraksi budaya lokal selama dua hari pada tanggal 04 sampai dengan 05 Mei 2019 bertempat di Kenagarian Limau Gadang Lumpo, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan.

Atraksi budaya yang ditampilkan adalah kesenian-kesenian minang diantara; Tari Piriang, Tari Saputangan, Tari Kain Panjang, Tari Timpuruang/ Tari Batok, dan juga ada kesenian rabab (minang:biola) yang menyampaikan pesan-pesan konservasi. Selain itu juga ada lomba permainan-permainan anak nagari Minang tempo dulu. Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah sebagai ajang promosi ekowisata Nagari Limau Gadang Lumpo dan dalam upaya penerapan-penerapan 3 pilar ekowisata (Lingungan, budaya, dan Kesejahteraan), dalam kegiatan ini tercatat pengunjung yang hadir sebanyak 3.250 orang.

Pada acara puncak dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Pesisir Selatan (Bapak Erizon), Asisten I Sekda Pessel, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Pessel. Dalam acara puncak tersebut Bapak Sekda meminta kepada semua pihak “membangun ekowisata, harus kita dukung secara bersama dengan meningkatkan kepedulain terhadap kelestarian hutan, menumbuhkan nilai-nilai budaya lokal dan meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat sekitar objek wisata”
Kepala BPTN Wilayah II Sumatera Barat yang diwakili oleh Kasi SPTN III Painan (Sahyudin, S.Hut, M.Si), menjelaskan bahwa pengembangan ekowisata tidak bisa dilepaskan dari pengembangan nila-nilai budaya lokal. Selain itu pengunjung juga bisa langsung untuk ikut melakukan atraksi budaya dengan ikut menari, hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi pengujung yang akan melakukan wisata ke Nagari Limau Gadang Lumpo.


Disisi lain Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Pesisir Selatan (Hadi Susilo) yang didampingi oleh Kabid Pariwisata (Endro) menyampaikan kedepannya iven ini akan kita buat setiap tahun dengan acara yang lebih besar, karena Pesisir Selatan yang terkenal dengan Moto Negeri Sejuta Pesona dengan kehadiran Ekowisata di Nagari Limau Gadang Lumpo tentu akan melengkapi dan menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung apalagi selain atraksi budaya pengujung juga bisa melakukan atraksi permainan di air berupa tubing dan atraksi-atraksi laiinya.

 

Sumber : Rika Putra Abbas (Polhut SPTN Wilayah III Painan) - Humas Balai Besar TN Kerinci Seblat

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini