Monev Pemberdayaan Masyarakat di SM Kuala Lupak

Kamis, 09 Mei 2019

Kuala Lupak, 7 Mei 2019 – Pelibatan masyarakat sekitar kawasan konservasi melalui program pemberdayaan masyarakat sangat membantu BKSDA Kalimantan Selatan dalam upaya perlindungan dan pelestarian kawasan konservasi.  BKSDA Kalimantan Selatan dalam melaksanakan pemberdayaan masyarakat tentunya juga harus dilaksanakan monitoring dan evaluasi terhadap kegiatan pemberdayaan masyarakat tersebut.  Dalam rangka peningkatan keberhasilan program ini, maka Balai KSDA Kalimantan Selatan melaksanakan monitoring dan pendampingan kepada kelompok masyarakat Budidaya Kepiting di Desa Kuala Lupak. Kegiatan ini dilaksanakan oleh tim Balai KSDA Kalimantan Selatan yang langsung dipimpin oleh Dr. Ir. Mahrus Aryadi, M.Sc selaku kepala Balai, M. Ridwan Effendi, S.Hut, M.Si selaku Kepala SKW II Banjarbaru dan staf Balai KSDA Kalimantan Selatan.

Dalam sambutan dan arahannya Kepala Balai KSDA Kalimantan Selatan, menyampaikan bahwa Balai KSDA Kalimantan Selatan memberikan support dan dukungan kepada masyarakat Desa Kuala Lupak khususnya Kelompok Masyarakat Budidaya Kepiting. Diharapkan kelompok menyampaikan laporan kegiatan secara transparan, sehingga dapat diketahui masalah yang terjadi dan alternatif solusi pemecahannya. Selain itu diharapkan kegiatan ini akan secara langsung dapat meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar dan berperan aktif menjaga kelestarian kawasan SM Kuala Lupak.

Dalam kesempatan ini pula, Khairullah selaku ketua kelompok masyarakat Budidaya Kepiting dan para anggota menyampaikan perkembangan dan kendala yang dihadapi dalam kegiatan budidaya kepiting.  Ketua kelompok menyampaikan bahwa dalam melaksanakan kegiatan kelompok dibagi menjadi 4 subkelompok.  Hal ini dilakukan untuk memudahkan operasional pekerjaan dan pengawasan kegiatan budidaya kepiting.  Dalam perkembangannya kegiatan ini sudah dapat menghasilkan, namun dalam kapasitas yang terbatas sehingga keuntungan masih kecil.  Dengan kondisi tersebut, maka kelompok ingin melaksanakan pengembangan kegiatan budidaya kepiting lebih lanjut agar keuntungan  dapat meningkat.

Aspirasi lainnya adalah keinginan kelompok untuk mengikuti pelatihan agar kapasitas mereka dapat meningkat dalam pengelolaan budidaya kepiting tersebut. Tanggapan Kepala Balai KSDA Kalimatan Selatan atas aspirasi kelompok adalah akan berkoordinasi dengan Dinas Perikanan Kabupaten Barito Kuala terkait informasi dan ilmu budidaya kepiting ataupun budidaya perikanan lainnya. Juga keterlibatan Dinas Perikanan Kabupaten setempat untuk memberikan ilmu dan informasi kepada kelompok agar kapasitas kelompok tersebut dapat meningkat. (jrz)

Sumber : Cecep Budiarto, S.Hut - Penyuluh Kehutanan SKW II Banjarbaru Balai KSDA Kalimantan Selatan

Monev Pemberdayaan Masyarakat di SM Kuala Lupak (02)
Monev Pemberdayaan Masyarakat di SM Kuala Lupak (03)

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini