Geliat Petugas Balai TN MerBeti Dalam Mendampingi Masyarakat

Rabu, 20 Maret 2019

Jember, 20 Maret 2019. Pendampingan kelompok masyarakat desa penyangga di Desa Andongrejo yaitu dengan pertemuan kelompok Kandangmotor 2 dan Timursawah 2 pada tanggal 20 Maret 2019. Kegiatan ini dilakukan petugas Balai Taman Nasional Meru Betiri (TN MerBeti) yang terdiri dari Pengendali Ekosistem Hutan (PEH), Polisi Hutan (Polhut) dan Penyuluh dengan mengundang aparat Desa Andongrejo dan Ketua IKM (Industri Kecil Menengah) Jember. Pertemuan bertempat di rumah Bapak Suwandono (ketua kelompok Kandangmotor 2) dan di rumah Bapak Mistam (kelompok Timur Sawah 2).

Nuril Anwar (Ketua IKM Jember) selaku narasumber menyatakan bahwa kebutuhan industri keripik nangka miliknya masih terkendala kurangnya bahan baku. Kapasitas produksi keripik nangka mampu menerima bahan baku sampai 15 ton  buah nangka per bulan untuk memenuhi kebutuhan ekspor, lanjutnya. Dengan informasi tentang pangsa pasar yang demikian besar membuat masyarakat antusias untuk untuk memelihara tanaman nangkanya dan bahkan berkeinginan untuk mencari bibit nangka dengan kualitas yang unggul. Pihak pemerintah Desa juga sangat mendukung dan akan menjadi bahasan di tingkat pemerintah Desa Andongrejo.

Sumber : Balai Taman Nasional Meru Betiri

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Nur Kholiq
Masyarakat sekitar kawasan hutan TN MerBeti punya peran dlm membentuk "struktur ekonomi" Kabupaten Jember. Menurut data BPS, pertanian, kehutanan dan perikanan mjd salah satu sektor yg punya peranan terbesar pembentuk PRDB Jember tahun 2017. (Meski trend 2013-2017)