Upacara Hari Bhakti Rimbawan ke-38 Lingkup DI Yogyakarta

Yogyakarta, 18 Maret 2019. Diantara rangkaian peringatan Hari Bhakti Rimbawan (HBR) lingkup Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) D.I Yogyakarta, dilaksanakan upacara memperingati HBR, yang diselenggarakan di Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) D.I Yogyakarta. 

HBR diperingati setiap tanggal 16 Maret sejak 1983, dan kali ini merupakan HBR yang ke-36.  Peringatan tahun ini mengangkat tema “Hutan untuk Kesejahteraan Rakyat dan Lingkungan Sehat”, sejalan dengan semangat dan misi keberadaan serta jati diri Rimbawan dalam perjuangan pembangunan kehutanan dan lingkungan. 

Upacara ini diikuti oleh 9 UPT, yaitu Dinas LHK DIY, Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Jawa (P3EJ), Balai Besar Penelitian Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan (BBPBPTH), Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) DIY, Balai Taman Nasional Gunung Merapi (BTNGM), Balai Pemantapan Kawasan Hutan (BPKH) Wilayah XI, Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Serayu Opak Progo (BPDAS SOP), Perhutani, serta Fakultas Kehutanan UGM.

Dalam kesempatan ini, upacara dipimpin oleh Kepala Dinas LHK DIY, sekaligus membacakan pidato tertulis Menteri KLHK, Siti Nurbaya.  Dalam pidato tertulisnya dipaparkan tentang ekosistem hutan, Tata Guna Hutan Kesepakatan (TGHK), perizinan yang diberikan hingga 2018, serta pokok-pokok korektif bidang kehutanan dan lingkungan.  Melalui pidato tertulisnya, menteri KLHK menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada seluruh Rimbawan seluruh Indonesia, karena berkat kerja kerasnya semua tantangan dan capaian telah dapat dilaksananakan.  Juga disampaikan harapannya agar para rimbawan seluruh Indonesia dapat menjadi garda penjaga dan membangun iklim kondusif pelaksanaan Pemilu 2019. 

Dalam rangkaian upacara HBR 2019 juga dilaksanakan penyematan tanda satya lencana kepada para ASN UPT KLHK lingkup DI Yogyakarta, yang telah mengabdi 10, 20 dan 30 tahun. Dan di akhir upacara diumumkan para pemenang lomba olahraga dan karaoke sekaligus pemberian hadiah kepada para juara.  Dan dilanjutkan acara donor darah, dengan peserta para karyawan/karyawati UPT. (tsr)

  

Sumber : BTN Gunung Merapi (Titin Septiana)

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini