Siaran Pers Peringatan Hari Bhakti Rimbawan ke-36 Lingkup Balai Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya

Sintang, 18 Maret 2019. Hari Bhakti Rimbawan memiliki arti penting bagi segenap keluarga besar Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Setiap tanggal 16 Maret diperingati sebagai Hari Bhakti Rimbawan seluruh Indonesia. Pada tanggal tersebut tiga puluh enam tahun yang lalu merupakan tonggak sejarah kelahiran Departemen Kehutanan. Peringatan Hari Bhakti Rimbawan merupakan momentum yang tepat bagi para rimbawan untuk me-recharge komitmen bersama dalam upaya membangun hutan dan kehutanan Indonesia.

Hari Bhakti Rimbawan lingkup Balai Taman Nasional  Bukit Baka Bukit Raya dilaksanakan pada tanggal 15 s.d. 16 Maret 2019. Pada 15 Maret 2018 peringatan Hari Bhakti Rimbawan ke-36 ini diisi dengan kegiatan Senam Sehat Rimbawan. Senam sehat ini diikuti oleh seluruh staf pada Balai Taman Nasional  Bukit Baka Bukit Raya dan Bripdalkar PPI Daops Sintang. Acara dimeriahkan dengan pembagian doorprize kepada peserta senam.

Agenda peringatan Hari Bhakti Rimbawan dilanjutkan dengan kegiatan apel dan penanaman pohon pada 16 Maret 2019. Kegiatan apel diikuti oleh empat puluh lima orang peserta meliputi segenap Rimbawan lingkup Balai TNBBBR, SPTN Wilayah I Nanga Pinoh juga diikuti perwakilan Rimbawan dari KPH Melawi, PT. Sari Bumi Kusuma dan masyarakat desa di sekitar kawasan TNBBBR. Apel dipimpin langsung oleh Kepala Balai Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya, Acara apel digelar di Komplek Pusat Informasi TNBBBR pada wilayah kerja Resor Belaban – SPTN Wilayah I Nanga Pinoh.

Dalam arahan apel tersebut, Kepala Balai TNBBBR Bapak Agung Nugroho, S.Si., M.A. menyampaikan pidato peringatan ke 36 Hari Bhakti Rimbawan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Selain memaparkan kondisi pengelolaan hutan Indonesia, capaian-capaian serta tantangan dalam pengelolaan kawasan hutan, dalam pidato tersebut juga disampaikan pesan kepada segenap Rimbawan agar tetap menjaga solidaritas dan kinerja yang baik untuk menghadapi tantangan pengelolaan di masa yang akan datang.

Setelah pelaksanaan kegiatan apel, acara dilanjutkan dengan penanaman bibit pohon dari berbagai jenis endemic seperti Ulin (Eusideroxylon zwageri), Tengkawang (Shorea spp.), Meranti (Shorea spp.) dan berbagai tanaman jenis asli lainnya. Secara simbolis Kepala Balai TNBBBR memulai agenda penanaman tersebut dengan melakukan penanaman bibit pohon Meranti Merah (Shorea sp.) didampingi oleh Plh. Kepala sub Bagian Tata Usaha BTNBBBR Bapak Zulfiady, S.Hut. pada kesempatan tersebut juga dilakukan penanaman oleh perwakilan dari KPH Melawi, PT Sari Bumi Kusuma dan masyarakat setempat. Dari kegiatan tersebut berhasil dilakukan penanaman sebanyak lebih kurang tiga ratus bibit pohon di sekitar Pusat Informasi pada wilayah kerja Resor Belaban SPTN Wilayah I Nanga Pinoh.

    

Sumber :  Balai Taman Nasional  Bukit Baka Bukit Raya

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini