Dua Ratus Bibit Ditanam untuk Memperingati Hari Bakti Rimbawan 2019 Lingkup DI Yogyakarta

Sleman, 16 Maret 2019. Hari Bakti Rimbawan (HBR) yang setiap tahun diperingati pada tanggal 16 Maret, tahun 2019 ini merupakan HBR yang ke-36.  Rangkaian acara dilaksanakan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) seluruh Indonesia.  Demikian juga yang dilaksanakan oleh UPT di lingkup D.I Yogyakarta.

Untuk UPT lingkup wilayah DIY ada 9, yang terdiri dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan DIY, Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Jawa (P3EJ), Balai Besar Penelitian Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan (BBPBPTH), Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) DIY, Balai Taman Nasional Gunung Merapi (BTNGM), Balai Pemantapan Kawasan Hutan (BPKH) Wilayah XI, Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Serayu Opak Progo (BPDAS SOP), Perhutani, serta Fakultas Kehutanan UGM.

Acara penanaman ini merupakan salah satu rangkaian peringatan HBR lingkup DIY yang terlaksana sejak tanggal 13 Maret 2019.   Acara ini dihadiri 150 peserta dari kesembilan UPT lingkup DI Yogyakarta.

Bibit yang ditanam 200 bibit terdiri dari Rasamala (Altingia excelsa) 1 batang, Sarangan (Castanopsis argentea) 1 batang, Pronojiwo (Sterculia javanica) 2 batang, Tesek (Dodonaea viscosa) 105 batang, Pasang (Quercus sundaica) 27 batang, Kayu Manis (Cinnamomum burmannii) 32 batang, Puspa (Schima wallichii) 20 batang dan Kina (Cinchona succirubra) 12 batang.  Penanaman ini diawali penanaman oleh para pimpinan UPT KLHK lingkup D.I. Yogyakarta, dilanjutkan oleh para peserta penanaman. 

Penanaman di Kalikuning, kawasan TNGM ini merupakan bentuk dukungan terhadap program Pemulihan Ekosistem berbasis Kemurnian Genetik, sebagai upaya pelestarian jenis-jenis tumbuhan lokal di kawasan TNGM.

Bibit yang digunakan berasal dari hasil budidaya kelompok masyarakat Forum Peduli Lingkungan (FPL) PALEM, dusun Batur, Desa Kepuharjo, Cangkringan, Sleman. Kelompok tersebut merupakan mitra kerja Balai TNGM dalam kegiatan Pengawetan Jenis jenis tumbuhan lokal di kawasan TNGM.  Adapun benih berasal dari dalam kawasan TNGM, dari hasil eksplorasi bersama antara Balai TNGM, BBPBPTH dan kelompok FPL PALEM (tsr)

Sumber : Balai Taman Nasional Gunung Merapi (Titin Septiana)

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini