Pelatihan SMART Balai KSDA Jambi

Minggu, 17 Februari 2019

Jambi, 12 Februari 2019. Balai KSDA Jambi bersama mitra ZSL Indonesia melakukan kegiatan Pelatihan Penggunaan Perangkat Lunak SMART (Spatial Monitoring And Reporting Tool). Pelatihan dilaksanakan pada tanggal 12 hingga 14 Februari 2019 bertempat di hotel Odua Weston Kota Jambi dengan waktu selama tidak kurang  dari 7 jam setiap harinya. Kegiatan pelatihan ini melibatkan Setditjen KSDAE dalam rangka harmonisasi dengan Sistem Data Konservasi (SIDAK), serta dengan Direktorat Kawasan Konservasi untuk teknis penjelasan tentang pentingnya aplikasi SMART dalam membantu dokumentasi data serta pemaparan tentang aplikasi SMART yang telah diterapkan oleh UPT di wilayah lain. Sedangkan untuk pengisi materi pelatihan penggunaan SMART dilakukan oleh SMART trainer dari ZSL Indonesia.

Kegiatan hari pertama diisi dengan pemaparan dari Setditjen KSDAE tentang Sistem Data Konservasi (SIDAK), kemudian pemaparan dari Direktorat Kawasan Konservasi tentang pentingnya sistem pencatatan dan penyimpanan data untuk proses pengambilan kebijakan. Kegiatan hari kedua diisi dengan simulasi pengambilan data menggunakan aplikasi Cybertracker yang dipasang di setiap telepon seluler milik petugas BKSDA Jambi yang menjadi peserta pelatihan dan disimulasikan menjalankan kegiatan rutin BKSDA Jambi seperti patroli kawasan, patroli TSL dan penanggulangan konflik manusia dan satwa liar. Setelah simulasi pengambilan data di lapangan, kegiatan dilanjutkan dengan pengolahan data dari aplikasi Cybertracker di telepon seluler tersebut ke aplikasi SMART yang telah terpasang di setiap komputer jinjing milik petugas BKSDA Jambi yang menjadi peserta pelatihan. Kegiatan hari ketiga diisi dengan simulasi pelaporan menggunakan aplikasi SMART. Contoh data yang telah didapatkan dari hari kedua, ditambah dengan beberapa data yang telah dimiliki oleh masing-masing petugas BKSDA Jambi disimulasikan dengan sistem pelaporan SMART. Staf-staf ditingkat resort mengumpulkan data lapangan seperti patroli kawasan, patroli TSL dan kegiatan penanggulangan konflik manusia dan satwa liar. Data-data tersebut kemudian dikumpulkan di tingkat operator seksi. Selanjutnya, data-data yang telah terkumpul dari setiap seksi diserahkan kepada administrator yang berada di balai untuk selanjutnya diproses untuk agar bisa ditampilkan dalam bentuk laporan bagi pimpinan untuk pertimbangan dalam pengambilan kebijakan.

“Aplikasi SMART ini nanti nya akan membantu kinerja kita. Nanti nya aplikasi ini akan berujung pada perencanaan kegiatan Balai KSDA Jambi karena kita akan mengetahui kegiatan apa yang perlu dilakukan setelah mendapatkan data-data yang terkumpul dari lapangan” tutup Kepala Balai KSDA Jambi Rahmad Saleh. Para peserta juga memberikan saran dan masukan terhadap pelatihan yang digelar selama 3 hari ini. Kedepannya pelatihan ini akan berlanjut dengan tujuan memperdalam kemampuan peserta terhadap aplikasi SMART.

Sumber : Balai KSDA Jambi

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini