Lutung “Merah” Ditemukan di Coban Trisula TN Bromo Tengger Semeru

Coban Trisula, 11 Februari 2019. Lutung jawa (Trachypithecus auratus) unik ditemukan di Resort PTN Coban Trisula TN Bromo Tengger Semeru (TNBTS) pada kegiatan Inventarisasi Potensi Kawasan khususnya Tumbuhan dan Satwa Liar yang dilindungi pada akhir Januari 2019. Lutung yang biasanya mempunyai warna khas hitam, di lokasi tersebut mempunyai warna merah menyala.

‘Siti Maya’ salah satu Pengendali Ekosistem Hutan TNBTS menjelaskan bahwa fenomena tersebut merupakan hal yang biasa tapi bagi orang awam mungkin luar biasa. Lutung jawa tersebut berwarna merah karena masih remaja, nanti jika sudah dewasa akan berubah menjadi hitam untuk lutung jantan dan hitam keperakan di kelaminnya untuk lutung betina.

“Selain itu lutung jawa merupakan salah satu jenis primata di Indonesia yang dilindungi undang-undang yaitu Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Dan Kehutanan Nomor P.92 tahun 2018. IUCN pun menetapkan lutung jawa sebagai primata rentan (Vulnerable) terhadap gangguan habitat yang terus terdesak oleh kepentingan manusia”, Siti Maya menambahkan.

Lutung jawa yang di temukan Resort PTN Coban Trisula ada sebanyak 4 kelompok dengan individu yang bervariasi dari 3 individu sampai dengan 27 individu per kelompok. Jumlah total populasi lutung jawa adalah 36 ekor berdasarkan hasil monitoring lutung tahun 2018. Siti maya

 

Sumber : Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini