Balai TN Bunaken Serahkan Bantuan Ekonomi Kreatif Kelompok Masyarakat di Pulau Nain

Senin, 21 Januari 2019

Manado, 21 Januari 2019. Tiga kelompok masyarakat di Pulau Nain yakni Kelompok Sinar Bahari dari Desa Nain, Kelompok Sinar Sentosa dari Desa Tatampi dan Kelompok Doa Ibu (kelompok Ibu-Ibu dalam pengolahan produk perikanan) dari Desa Nain I, menerima bantuan ekonomi kreatif dari Balai Taman Nasional Bunaken.

Masing-masing paket bantuan tersebut diserahkan oleh Kepala Balai Taman Nasional Bunaken (Dr. Farianna Prabandari, S.Hut, M.Si) langsung kepada Ketua Kelompok Sinar bahari Bapak Sabri Boro, Kelompok Sinar Sentosa Bapak Robert Tarome dan Kelompok Doa Ibu, Ulin Nendey dengan disaksikan oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha dan Aspotmar Lantamal VIII, Kol. Laut Rumpoko.

Dalam sambutannya, Kepala Balai menyampaikan kami bercita-cita Pulau Nain akan menjadi salah satu destinasi wisata yang berkembang dengan sektor perikanan dan rumput laut sebagai unggulannya.

Dengan masyarakat Bajo yang tinggal di atas air, merupakan daya tarik tersendiri bagi wisatawan, harapannya akan menjadi Pulau warna-warni untuk bagian destinasi utama pulau tersebut.

Banyak hal yang bisa ditawarkan antara lain wisata keliling kampung, wisata kuliner, wisata edukasi, wisata kegiatan nelayan tradisional, wisata bertanam rumput laut dan dengan dipaketkan dalam wisata pasir timbul (bungin) yang sudah tersohor.

Dalam hal ini kita akan mengajak Lantamal VIII sebagai mitra dalam pembinaan potensi maritim untuk dapat membantu dalam pembinaan pengembangan masyarakat di Pulau Nain.

Aspotmar Lantamal VIII, Kol.Laut Rumpoko menambahkan, potensi-potensi masyarakat yang ada di Pulau Nain sangat luar biasa, apalagi rumput laut menjadi andalan, usahakan hasilnya tidak hanya langsung dijual, tetapi diolah sehingga memberikan nilai lebih.

Salah satu perwakilan kelompok, Sabri Boro menyampaikan, memang kendala kami adalah belum mendapatkannya perhatian dari Pemerintah, dalam 1 blok pertanian rumput laut terdapat 75 res tali dan 1 res tali sama dengan 75 depa (100 m).

Kami bersyukur bantuan insentif ini akan menjadi modal awal pengembangan usaha kami, sehingga berharap dapat meningkatkan usaha dan kesejahteraan bagi anggota kelompok, tutup Sabri.

 

Sumber : Balai Taman Nasional Bunaken

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Belum terdapat komentar pada berita ini