Rapat Kerja Forum Konservasi Flora Fauna Kalsel

Kamis, 10 Januari 2019

Banjarbaru, 10 Januari 2019 – Balai KSDA Kalimantan Selatan bekerja sama dengan Dinas Kehutanan Kalimantan Selatan membentuk Forum Konservasi Flora Fauna Kalimantan Selatan yang bertempat di Ruang Rapat Rimbawan I Dinas Kehutanan Kalimantan Selatan. Forum ini dibentuk dalam rangka untuk meningkatkan komunikasi dan informasi seluruh stakeholder serta para pegiat yang sangat konsen terhadap flora dan fauna termasuk habitatnya.

Para pihak itu antara lain akademisi, LSM, mahasiswa, pegiat flora fauna, perusahaan, termasuk juga perorangan. Forum Konservasi Flora Fauna Kalimantan Selatan diketuai oleh Zulfa Asma, ST, MT salah satu anggota DPRD Kalimantan Selatan yang juga merupakan Pemerhati Lingkungan Kalimantan Selatan.

Kepala Dinas Kehutanan Kalimantan Selatan, Dr. Hanif Faisol Nurofiq, S.Hut, M.P dalam pembukaan menyampaikan keberadaan Forum Konservasi Flora Fauna Kalimantan Selatan sangat penting dalam pembangunan kehutanan di Kalimantan Selatan.

“Kita sangat perlu melindungi dan mengkonservasi flora dan fauna khususnya bekantan dan tanaman buah lokal seperti kasturi dan anggrek lokal”, tutur Hanif.

Pembentukan forum ini juga dalam rangka membantu pemerintah untuk mengkonservasi flora dan fauna di Kalimantan Selatan. Dalam kegiatan ini juga membahas rencana kerja di Tahun 2019 dan rencana kerja dalam jangka waktu lima tahun. Dalam forum ini Kepala BKSDA Kalimantan Selatan, Dr. Mahrus Aryadi, M.Sc menjabat sebagai Pengarah memberikan arahan kepada peserta rapat bahwa rencana kerja sebaiknya tidak terlalu banyak tetapi lebih fokus dan mendalam, misalnya bagaimana percepatan kegiatan Kawasan Ekosistem Esensial (KEE) dalam rangka untuk perlindungan bekantan kemudian juga dalam rangka perlindungan kasturi, anggrek, maupun buah-buah lokal yang ada di Kalimantan Selatan.

“Keberadaan forum ini mendorong peningkatan peran serta para pihak, sehingga kegiatan menjadi lebih banyak yang terlibat namun tetap fokus”, tutur Mahrus.

Mahrus menambahkan, “Balai KSDA Kalimantan Selatan berkomitmen untuk membantu keberadaan forum ini seperti membantu di dalam pengakuan terhadap Kawasan Ekosistem Esensial (KEE) yang ada di Kalimantan Selatan”. (jrz)

Sumber : Balai Konservasi Sumber Daya Alam Kalimantan Selatan

Pembentukan Forum Konservasi Flora Fauna Kalsel (02)

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini