Kemah Konservasi 2018 Balai KSDA Sulteng

Palu, 4 Desember 2018. Balai KSDA Sulawesi Tengah, mengadakan program kemah konservasi selama 3 hari mulai tanggal 22 – 24 November 2018 di Camping Ground TWA Wera Kecamatan Dolo Barat Kabupaten Sigi Provinsi Sulawesi Tengah. Program kemah konservasi yang diikuti sekitar 60 orang ini bertujuan agar peserta yang terdiri dari pramuka saka wanabakti, Kelompok Pecinta Alam Kab. Sigi, siswa siswi SMU, pemuda dan pemudi Desa Kaluku Tinggu dan Desa Balumpewa mempunyai pengetahuan, sikap dan kesadaran yang tinggi tentang lingkungan.

Pendekatan yang dilakukan adalah dengan program pendidikan yang edukatif namun sekaligus rekreatif dengan metode pengajaran langsung berdekatan dengan alam/ lingkungan pada kawasan konservasi tersebut (resource based learning). Materi disampaikan adalah dasar-dasar kehutanan, pengenalan kawasan konservasi, mitigasi dan penanggulangan bencana, optimalisasi tugas dan fungsi kader konservasi serta pemanfaatan jasa lingkungan dan wisata alam. Penyampaian materi dengan cara diskusi, permainan dan bentuk interaktif lainnya sehingga kegiatan lebih menyenangkan.

Kegiatan kemah konservasi init rutin dilaksanakan oleh Balai KSDA Sulawesi Tengah setiap tahunnya. Meski rutin dilaksanakan, tidak menyurutkan semangat dan motivasi generasi muda untuk terus mengikuti kegiatan tersebut. Kemah konservasi sebagai salah satu metode pendidikan konservasi bisa menjadi tonggak perlindungan suatu kawasan, khususnya kawasan TWA Wera, tempat pelaksanaan kemah konservasi tersebut. Melalui kegiatan seperti ini diharapkan para pemuda dapat menjadi perantara pesan-pesan konservasi kepada masyarakat.

Sumber : Balai KSDA Sulawesi Tengah

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini