Akhirnya Harimau Sumatera Dapat Dievakuasi

Minggu, 18 November 2018

Pekanbaru, 18 November 2018. Setelah terkurung di bawah kolong ruko selama kurang lebih tiga hari, akhirnya memasuki hari keempat Tim Rescue Balai Besar KSDA Riau berhasil melakukan pembiusan terhadap Harimau Sumatera tersebut. Pembiusan dilakukan sekira pukul 01.48 wib, Sabtu dini hari tanggal 17 November 2018. Setelah waktu yang diperkirakan satwa tersebut tertidur, maka Tim segera membuka sebagian tembok pondasi ruko untuk melakukan evakuasi.

Tim cukup kewalahan dengan bobot Harimau yang diperkirakan mencapai berat 80 kg, dengan jenis kelamin jantan dan berumur berkisar 3 tahun. Pada kaki kiri depan ditemukan luka seperti bekas jeratan, gigi taring retak yang diperkirakan karena menggigit jerat dan demikian juga kaki belakang kanan terdapat luka yang langsung mendapat pengobatan dari 3 dokter hewan di tim tersebut.

Evakuasi dilakukan dengan menggunakan transportasi air dan darat dimana dari lokasi TKP menggunakan speedboat ke Tembilahan kemudian dari Tembilahan akan dibawa menggunakan jalur darat ke Pusat Rehabilitasi Harimau Sumatera Yayasan Arsari di Dharmasraya, Sumatera Barat. Perjalanan dari Tembilahan ke Dharmasraya diperkirakan akan memakan waktu sekitar hingga 12 jam sampai di lokasi rehabilitasi. Di tempat tersebut akan dilakukan pengobatan, pemulihan, observasi dan rehabilitasi sebelum si belang kembali dilepasliarkan.

Kepala Balai Besar KSDA Riau mengucapkan terima kasih atas upaya yang dilakukan seluruh Tim dan kerjasama dari seluruh pihak terutama pemerintah daerah setempat khususnya BPBD, jajaran TNI, Polri, Yayasan Arsari, aparat Kecamatan, Kepala Desa dan warga yang luar biasa kondusif selama berlangsungnya evakuasi.

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini