Menuju Masyarakat Sejahtera Melalui Kemitraan Konservasi

Waingapu 8 November 2018. Dalam rangka mewujudkan tugas pokok dan fungsi Taman Nasional Manupeu Tanahdaru dan Laiwangi Wanggameti (TN Matalawa) menuju masyarakat sejahtera melalui kemitraan konservasi di zona tradisional bersama-sama Kelompok Masyarakat Peduli Hutan (KMPH) Ngadu Praing Desa Umamanu, Kecamatan Lewa Tidahu, Kabupaten Sumba Timur melakukan peningkatan kapasitas kelompok yaitu dengan melakukan pengolahan hasil hutan bukan kayu, dalam hal ini adalah pengolahan rotan dengan bambu yang dilakukan pada tanggal 7 November 2018 di rumah ketua kelompok,Pak Zet. Adapun rangkaian kegiatan ini diawali dengan pemaparan materi mengenai kelanjutan kegiatan dari kemitraan konservasi yang dibangun bersama kelompok, selanjutnya adalaha pengenalan jenis produk turunan dari bambu dan rotan serta praktik pengolahan bambu dan rotan, yang di mulai pukul 11.30 wita dan diikuti oleh 20 (dua puluh) anggota kelompok, sedangkan pengajar dalam melakukan praktek pengolahan tersebut mengajak pengrajin lokal untuk melatih kelompok masyarakat dalam pembuatan kursi bambu dikombinasikan dengan rotan. Kegiatan praktek ini awali dengan pengenalan teknis pengukuran bambu sesuai dengan produk yang diinginkan, teknik pemotongan bambu, teknik pemahatan bambu, teknik penyambungan bambu dengan rotan dan finishingnya.

Peserta yang hadir sangat antusias  dalam melakukan praktek tersebut, hal ini dilihat dari cara memperhatikan narasumber, berpartisipasi secara bergantian dalam melakukan pengolahan serta melakukan praktek sendiri dalam pembuatan kursi tersebut, hingga akhirnya kegiatan praktek berakhir pada pukul 19.30 wita.

Mengakhiri kegiatan ini, selanjutnya tim dari TN Matalawa mengarahkan masyarakat agar dari peningkatan kapasitas ini, mereka segera memproduksi pengolahan bambu dan rotan dan mengenai pemasaran mereka tidak perlu khawatir, karena Balai TN. Matalawa sudah menyiapkan 3 (tiga) kios di 3 (tiga) kabupaten yaitu Sumba Barat, Sumba Tengah dan Sumba Timur, selanjutnya Taman Nasional Matalawa akan terus melakukan pendampingan untuk memantau perkembangan dari hasil peningkatan kapasitas yang telah dilakukan.

Sumber : Balai Taman Nasional Manupeu Tanahdaru dan Laiwangi Wanggameti (TN Matalawa)

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini