Perlombaan Perahu Tradisional Ramaikan Acara Festival Danau Sentarum

Lanjak, 28 Oktober 2018. Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Hulu bersama Kepala Balai Besar TNBKDS, Kepala Bidang Wil. III Lanjak dan Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Kapuas Hulu melepas langsung perlombaan perahu tradisional dalam rangka acara Festival Danau Sentarum tahun 2018. Peserta pertama yang mendapat kesempatan dari putussibau selatan melawan putussibau utara yang dimenangkan putussibau selatan. Perlombaan perahu tradisional di laksanakan di dekat perairan Pulau Sepandan, peserta yang terlibat berjumlah 18 tim dari berbagai daerah di Kabupaten Kapuas Hulu untuk memeriahkan acara festival danau sentarum.

Perlombaan perahu tradisional sebagai simbol budayakeseharian sebagian masyarakat kab. Kapuas Hulu yang beradadi Danau Sentarum dan Sungai Kapuas. Jalannya perlombaan berlangsung selama 2 hari dilakukan babak penyisihan yang didapatkan 4 peserta lomba dari Putussibau Selatan, Embaloh Hilir, Silat Hilir dan Suhaid yang memasuki babak semifinal. Pada hari kedua dari 4 peserta perlombaan perahu tradisional didapatkan 2 peserta yang Berhasil memasuki babak final yaitu putussibau selatan melawan Silat Hilir, pada kesempatan ini babak final dilepas langsung Bapak AM. Nasir Bupati Kapuas Hulu beserta rombongan yang dimenangkan putussibau selatan.

Perlombaan perahu tradisional cukup menyita perhatian masyarakat untuk menyaksikannya mulai dari masyarakat yang tingal di danau sentarum dan sekitarnya sampai dengan tamu-tamu yang berasal dari luar kabupaten Kapuas hulu, antuasias terlihat dari banyaknya perahu Bandong, speed landas, Speed 40 serta longboat yang parker disekitar perairan Pulau Sepandan, walaupun cuaca siang itu sangat terik.

 

Sumber Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum

 

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini