Paus Terdampar di Tanjung Merayu Kepulauan Selayar

Selasa, 16 Oktober 2018

Kepulauan Selayar, 15 Oktober 2018. Pada hari Senin (15/10) dari pagi sampai siang, warga, Balai TN Taka Bonerate, WCS-IP, Penyuluh KKP, DKP, POSSI Selayar, Kodim, Selayar Dive & Adventure serta Saka Wanabakti mengevakuasi paus yang terdampar di Pantai Appabatu Kab Kepulauan Selayar.

Biota yang masuk jenis mamalia ini panjangnya ±4 meter dengan diameter ±1,5 meter. Menurut warga yang pertama melihat Amir dan Syamsul Bahri terdampar sekitar pukul 06.30 WITA saat itu air laut mulai surut.

Setelah pengecekan kondisi paus ini terdapat luka di bagian sirip sebelah kiri dan kanan serta di bagian punggung, dikepala ada luka bekas gigitan diperkirakan serangan dari ikan predator lainnya. Namun paus ini masih dalam kondisi sehat.

Menurut Baim (WCS-IP), saat ini masyarakat setempat dan tim evakuasi masih terus mengupayakan evakuasi dengan menggunakan perahu sampan karena kondisi air surut.

"Sudah empat kali paus ini dievakuasi dengan sampan ke air yang lebih dalam tapi tetap juga kembali ke pantai", jelas Baim. Balai TNTBR menurunkan anggotanya untuk bergabung dengan tim evakuasi di lokasi.

"Kami turunkan tim ke lokasi setelah tadi pagi mendapatkan informasi video dari group Whatsapp", ucap Faat Rudhianto yang juga hadir langsung di tempat kejadian.

Sumber : Asri - PEH Penyelia Balai Taman Nasional Taka Bonerate

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini