Eratkan Silaturahmi, Balai Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung Kunjungi Dusun Tallasa & Tanrang, Maros

Bantimurung, 28 September 2018. Balai Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung melakukan kunjungan kerja dan silaturahmi ke Dusun Tallasa dan Dusun Tanrang, Desa Samangki, Kecamatan Simbang, Maros. Rombongan taman nasional terdiri dari kepala balai, Kepala Sub Bagian TU, Kepala Resor Pattunuang dan beberapa staf bertemu dengan tokoh dan masyarakat kedua dusun itu.

Kunjungan ini berlangsung Senin (24/9/2018) yang juga dirangkaikan dengan undangan hajatan keluarga Kepala Dusun Tanrang. Ini adalah wujud rasa kekeluargaan antara Balai Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung dengan masyarakat kedua dusun yang berada di zona khusus taman nasional ini.

Awal terbentuknya taman nasional, masyarakat kedua dusun ini kurang terlibat dalam tata kelola Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung. Hal ini mengakibatkan komunikasi keduanya kurang baik. Alhasil informasi tentang keberadaan taman nasional tidak menyentuh langsung ke masyarakat. Sehingga antara taman nasional dan masyarakat kedua dusun ini memiliki presepsi masing-masing.

Pendekatan kemudian dilakukan taman nasional melalui sejumlah pertemuan dengan tokoh masyarakat dan aparat pemerintahan baik dusun, desa, hingga kecamatan. Pendekatan ini telah berlangsung beberapa bulan terakhir ini. Akhirnya kayuh pun bersambut hingga kemudian masyarakat dusun ini mau menerima dan bersilaturahmi dengan petugas taman nasional.

Kepala Dusun Tallasa berharap dusunnya dapat dikembangkan ke depannya. “Di sini terdapat beberapa potensi ekowisata yang dapat dikembangkan. Ada air terjun yang menarik berpadu dengan hutan yang masih alami. Saya harap bisa bekerjasama dengan Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung untuk bersama-sama dengan masyarakat kami mewujudkannya sebagai salah satu tujuan wisata,” pungkas Muh. Yusuf Kepala Dusun Tallasa.

“Kunjungan ini kami lakukan sebagai wujud komunikasi yang telah kami bangun selama ini dengan kedua dusun ini. Mudah-mudahan ke depan bisa lebih erat lagi,” terang Yusak Mangetan, Kepala Balai Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung.

Sumber: Abdul Azis Bakry – Kepala Sub Bagian TU Balai TN Bantimurung Bulusaraung

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini